Perlu Tahu, Ajian dan Kesaktian yang Dimiliki oleh Karakter Wayang Kulit

Bagi penggemar wayang kulit dengan berbagai lakon yang dibawakan oleh seorang dalang, ada berbagai hal yang menarik untuk kita perlu tahu. Penduduk Jawa pada zaman dahulu terkenal memiliki kesaktian dan ajian yang bahkan mungkin diluar nalar kita. Terlepas dari hanya mitos atau kebenaran, kita perlu tahu apa saja ajian dan kesaktian yang dimiliki oleh karakter wayang kulit.

AJIAN PANCASONA

Aji Pancasona sangat terkenal sejak zaman dahulu. Dalam pewayangan aji ini dimiliki oleh Prabu Dasamuka. Siapa memiliki Aji Pancasona sukar untuk matinya. Kerana bila tertembak misalnya dan kena hingga mati, maka setelah jatuh ke tanah ia akan hidup lagi dan bekas lukalukanya akan lenyap. Aji Pancasona memang hampir sama dengan aji Rawarontek. Orang yang memiliki aji ini matinya hanya bisa bila kepala dan tubuhnya dipisahkan dan ditaruh di tempat yang sangat jauh, bila mungkin dipendam di dalam sumur yang dalam.

AJIAN PANGLIMUNAN

Sangat jarang orang sakti yang memiliki aji Panglimunan. Aji Panglimunan adalah aji untuk menghilang atau untuk menutup suatu benda agar tidak nampak. Aji ini memang cukup berbahaya bila disalah gunakan. Dan banyak karakter wayang kulit yang memiliki kekuatan ini.

AJIAN KILAT TATIT

Ajian ini meupakan ajian umum dalam karakter wayang kulit dan banyak yang memilikinya, namun lebih khususnya hanya Gatotkaca yang mampu menyempurnakan ajian ini yang berkombinasi dengan kotang antakusuma. Yang membuat Gatotkaca menjadi salah satu karakter pewayangan yang memiliki kesakttian yang banyk dan saling melengkapi.

AJIAN KEMAYAN

Menurut sumber, ajian ini milik Batara Guru, dan merupakan salah satu ajian yang langka dimiliki karakter pewayangan. Orang yang terkena ajian ini akan menjadi lemas seketika.

AJIAN DANUWEDA

Ajian ini merupakan ajaran dari Resi Drona yang diwariskan kepada ketiga murid beda kerajaan yaitu Arjuna, Adipati Karna, dan Bambang Ekalaya. Ajian ini sepertinya memberikan pemakainya menjadi lebih cekatan dan akurat ketika menggunakan panah-panah sakti.

AJIAN CANDHABIRAWA

Ajian ini merupakan milik dari Prabu Salya, kusir Kerajaan Astina pada perang Bharatayudha. Ajian ini menjadi istimewa karena setiap darah yang menetes dari tubuh Prabu Salya, akan menjadi pasukan raksasa yang jumlahnya sangat banyak.

AJIAN UPASANTA

Ajian ini merupakan ajian milik Antareja, salah satu anak Wekudara yang terkenal sakti, sama seperti saudara tuuanya Gatotkaca dan saudara mudanya Antasena. Ajian ini merupakan ajian yang lidahnya sangat sakti dan berbisa. Mahluk apapun yang dijilat telapak kakinya dengan ajian upasanta akan menemui kematian. Khasiatnya bisa untuk mengobati orang sakit, membunuh musuh dan menghidupkan orang mati.

Sementara itu saja dulu deh ya tentang ajian-ajian yang dimiliki para karakter wayang kulit Jawa, ajian tersebut adalah hasil dari bertapa dan bukan merupakan efek dari pusaka-pusaka sakti yang sebagian besar karakter wayang miliki.

Sebenarnya masih banyak seekali ajian dan kemampuan sekelas supehero yang dimiliki karakter-karakter wayang kulit, namun sementa itu saja dulu kita lanjutkan lain waktu. Hehe.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *