Oleh-Oleh dari Jambore Pemuda Karanganyar 2018, Eksekusi Sumpah Pemuda Indonesia

Tanggal 28 Oktober 2018 kemarin, kami team Prajnaparamita Indonesian Batik ikut menghadiri upcara hari Sumpah Pemuda di Karanganyar. Yang dikemas menarik dalam acara Jambore Pemuda 2018. Dan kalian pasti penasaran apa yang kita dapatkan dari acara itu kan? Kalau begitu let’s share some good news to the world.

Sebagai salah satu yang menyadari bahwa admin masih muda dan bagian generasi muda, maka sudah tugasnya untuk bagaimana melakukan sesuatu untuk negeri Indonesia. Dan kemarin, acara Jambore Pemuda Karanganyar 2018 adalah bukti langkah kami menuju sebuah pembaharuan.

Seperti yang dahulu para pemuda 1928 memberikan sebuah konsep bahwa sebenarnya seluruh pemuda Indonesia adalah sebuah kesatuan yang harus bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan. Dan seemangat itu menjadi warisan bagi kami dan kurang lebih 400 pemuda lain daerah di lingkup Kabupaten Karanganyar membuktikan tekad itu masih ada, dan bahkan lebih besar.

Sebenanya acara Jambore Pemuda Karanganyar 2018 itu adalah sebuah acara yang ingn menunjukkan eksistensi pemuda yang memiliki semangat untuk menjadi seorang yang mandiri, yang tangguh menghadapi persaingan ekonomi global zaman sekarang.

Dan berbagai acara-acara yang mendukung untuk menumbuhkan karakter-karakter pemuda Indonesia yang kuat dan siap berjuang untuk memajukan Indonesia.

Sebagai contoh, pendiddikan semi militer yang begitu seru dan menarik yang dibawakan oleh Pak Kahar dari TNI, beliau mampu mengajarkan para pemuda ini untuk lebih disiplin dan beliau mampu membungkusnya dalam suasana yang tegas namun ramah, dan lucu. Ada juga Pak Prapto kalau tidak salah deh. Jujur admin serem waktu itu mengira bakal dibentak-bentak. Hehehe.

Yang kedua, Bapak Juliyatmono, beliau adalah Bupati Karanganyar yang akan melaksanakan tugasnya lagi membangun Karanganyar dan akan dilantik dalam waktu dekat ini. beliau tejun langsung mengunjungi stand-stand kreatif para pemuda dan bahkan memberikan seminar motivasi untuk para pemuda agar lebih bersemangat membangun Karanganyar.

Dan semua itu adalah oleh-oleh yang kami dapatkan ketika berpetualang di acara Jambore Pemuda Karanganyar 2018.

Tetapi, oleh-oleh yang sebenarnya adalah, kita sebagai generasi muda, seperti benar-benar kembali ke masa perjuangan, bagaimana kita itu semua adalah bersaudara, bagaimana kita semua memiliki cita-cita yang sama untuk memajukan Indonesia.

Tidak berhenti sampai disitu, dari awalnya kita tidak saling mengenal, mulai bercerita tentang pengalaman kehidupan masing-masing, bertukar ide dan pemikiran bagaimana menjadikan kehidupan kita di masa muda menjadi lebih baik ke depannya.

Dan benar sekali, konsep Sumpah Pemuda itu kami eksekusi di sini, kami buktikan bahwa Sumpah Pemuda itu bukan hanya sumpah biasa, bukan hanya sekeda susunan kalimat yang dibaca, tetapi kami melakukannya. Kami membuktikannya bahwa dalam setiap detak nadi para pemuda Karanganyar masih memiliki semangat yang membara untuk membangun Indonesia.

Itulah, oleh-oleh terbaik dari hasil kami berkelana ke bumi Intanpari, oleh-oleh yang tidak akan mampu dibayar dengan materi, oleh-oleh yang kami bisa membanggakannya setiap hari, dan akan kami teruskan kepada generasi selanjutnya, untuk Karanganyar yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih sejahtera.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *