Destinasi Wisata Bumi Intanpari, Pesona Wisata Lengkap dari Karanganyar

Hai..Hai..Hai..para pengendali kuota, sudah makan siang belom nih, sama deh, makan gih nanti jomblo terus loh kalo ngga makan, kaya admin. Sebelumnya, kemarin kita sudah membahas dulu nih asal-usul kota Karanganyar, nah sekarang giliran kita mencoba jalan-jalan sekilas membahas destinasi wisata bumi intanpari.

Nahh, karena begitu banyaknya destinasi wisata, kita hanya akan membahasnya secara umum saja nih ya. Sengaja biar kalian penasaran, trus dateng deh kesini. Siapa tahu jodoh kalian ada disini nih, apa admin yang jadi jodoh kalian…ngarep.

Wisata Alam

Waaah, kalau yang satu ini sudah tidakbisa diragukan deh, sekali kalian datang ke Karanganyar, susah deh untuk tidak kembali lagi. Dan perlu kalian tahu, sehari itu kuraaang banget.

Alam bumi Intanpari begitu indah sudah sejak dari sananya, dari anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Dan kita hanya tinggal, “memayu hayuning bawana”, memperindah yang sudah indah. Dan kalian harus siapin check list wisata alam yang harus kalian kunjungi di Karanganyar.

Dari yang paling terkenal Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, Taman Hutan Raya, Kebun Teh Kemuning, Bumi Perkemahan Sekipan, dst. Itu baru secara umum kita sebutkan, belum yang namanya wisata-wisata yang berada di sekitar daerah di bumi Karanganyar.

Coba deh lihat ke Instagram explorekabkaranganyar nah disitu lengkap sudah kalau mau pilihan berkunjung sesuai dengan suasana alam hati kalian. dan kalian akan dijamin dengan kepuasan pemandangan alam yang luar biasa keren yang memanjakan mata.

Wisata Sejarah dan Religi

Skip dari wisata alam, kalau kalian suka dengan sejarah, kalian wajib untuk datang ke Karanganyar, karena apa, dari sejak zaman Bandung Bondowoso, mungkin Karanganyar sudah merupakan tempat yang spesial. Dibuktikan dengan banyaknya peninggalan sejarah yang sampai sekarang masih memiliki pesona yang cukup membuat kalian serasa kembali ke masa lalu, bukan masa lalu dengan mantan loh ya.

Dari Candi Ceto, Candi Sukuh, Canti Kethek, Museum Kluster Dayu, dan masih banyak lagi situs sejarah untuk kita kunjungi dan kita jadikan referensi liburan kita di Kota Karanganyar.

Berpindah ke sejarah yang lebih dekat, ada makam pendiri Praja Mangkunegaran yaitu Mangkunegara I yang berada di Astana Mengadeg. Yang berdampingan dengan makam Presiden Kedua Bapak Presiden Soeharto di Astana Giribangun.

Cukup banyak untuk kalian berusaha mengenang dan mengenal sejarah panjang yang dahulu pernah terjadi di kota Karanganyar.

Tetapi tidak perlu mengenang sejarah masa lalu dengan mantan kalian apabila kalian ditinggal rabi. Eh.

Wisata Budaya

Nah ini nih yang membuat Karanganyar lebih lengkap dan mempesona, wisata budaya yang juga telah turun-temurun ada dan hadir dalam kehidupan masyarakat menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh kita lupakan.

Ada kurang lebih 29 event tahunan mengenai budaya dan tradisi di Kota Karanganyar, dari Mondosiyo, Dukutan, Melasti, Galungan, Cembengan, Hari Saraswati, dst. Dan menariknya, kebudayaan ini secara turun temurun terus dilestarikan oleh masyarakat dan menjadi sebuah perayaan yang menarik untuk diikuti.

Eits, belum selesai.

Batik Tulis, ini nih, yang menarik, seperti yang kalian lihat bahwa kami juga menjadi salah satu pejuang yang ingin melestarikan batik tulis dari salah satu Desa di Bumi Intanpari, Karanganyar. Dari budaya batik tulis ini kita banyak memiliki idealisme tentang kehidupan, tentang berbagai hal yang menjadi pelajaran bagi kehidupan kita.

Dan kalau kalian bingung dengan apa yang dikunjungi, nanti kita antar ketemu sama mbah-mbah yang begitu bersemangat membatik meskipun usia sudah sampai 80 tahun. Dan mereka masih mempertahankan kesabaran dan ketekunan mereka untuk menghasilkan mahakarya batik tulis yang begitu indah.

Dari sinilah kita belajar bagaimana menjadi manusia yang memiliki rasa sosial untuk memberikan yang terbaik, memberikan bukti nyata bahwa Karanganyar memiliki budaya batik yang tidak bisa begitu saja dilupakan.

Nahhhh, dari tiga jurusan wisata itu saja kalian akan membutuhkan sekitar 2 minggu berkelana, itu saja masih belum dengan wisata-wisata unik yang belum kami sebutkan disini. Dan tenang saja, meskipun kalian backpacker, kalian tidak akan kelaparan di kota Karanganyar.

So, sudah siap berkelana menjelajahi Bumi Intanpari? Apa perlu admin jadi tour guide buat kalian keliling, kali aja kalian naksir sama admin kan, tuh, banyak sekali untungnya. Hehehe.

Sementara itu saja dulu untuk kita menjelajah karanganyar hari ini, nantikan kejutan apa lagi yang bisa kalian lihat di artikel besok.

Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung

Salam hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

One Comment

  1. Pingback: Oleh-Oleh dari Jambore Pemuda Karanganyar 2018, Eksekusi Sumpah Pemuda Indonesia - Indonesian Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *