Batik Tulis, Bukti Tidak Terbantahkan dari Keanekaragaman Budaya Indonesia

Selamat siang para pejuang kehidupan yang menantang panas hari ini dengan tegar. Awas nanti cacingan, hehehe. Dan, bodo amat, kita akan tetap membahas batik tulis dan segala budaya yang kita miliki di Indonesia yang menjadi bukti tidak terbantahkan dari keanekaragaman budaya Indonesia.

Sudah ratusan artikel selalu membahas bagaimana kita berusaha untuk menjaga dan melestarikan budaya batik di Indonesia. Dan meskipun terlihat tidak mengubah apapaun, paling tidak nantinya segala informasi ini akan menjadi bukti bahwa batik tulis telah ada di peradaban ini.

Batik tulis dengan berbagai warna yang menjadi karakter dan filosofi tentang batik sudah menjelaskan bahwa bagaimana budaya kita penuh dengan keindahan dan keluhuran. Dan itu masih hanya dari batik saja, belum dengan berbagai tarian, adat istiadat, dan seni budaya yang lain yang juga mencoba bertahan di peradaban saat ini.

Keanekaragaman tersebut tidak pernah mengajarkan kita untuk membedakan yang berbeda, tetapi lebih kepada menyatukan yang sudah seharusnya satu, Indonesia.

Batik tulis dari berbagai daerah pasti memiliki karakter dan motif yang berbeda, dan di setiap cantingan tangan para pembatik, tidak akan pernah sama. Seperti itulah kehidupan kita, tidak akan ada yang benar-benar sama, tidak ada yang benar-benar sempurna.

Tetapi batik tulis selalu mengajarkan kita bagaimana untuk menjadi satu kesatuan yang benar-benar harus bersatu untuk mengindahkan motif batik tersebut.

Sebut saja motif parang, atau Udan Liris, lereng mereka memang memiliki batas, dan setiap batas memiliki motif yang berbeda. namun mereka disatukan dalam sebuah batik yang begitu indah tanpa pernah kita melihat perbedaan itu.

Karena perbedaan itu indah apabila kita mampu bersatu untuk hidup yang lebih baik, untuk memberikan sebuah pernyataan bahwa kita satu nusa dan satu bangsa, Indonesia. Dan semua itu tertulis jelas dalam motif-motif batik.

Di dalam motif batik kita akan melihat kombinasi ukel, cecek dan motif-motif yang begitu indah dilukiskan. Baik itu motif kontemporer maupun motif-motif klasik semua akan memiliki perbedaan yang mampu menjadi sebuah kesatuan dalam keindahan.

Semoga Indonesia selalu dalam lindunganNya.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

One Comment

  1. Pingback: Batik Indonesia : Batik Tulis, Bukti Budaya Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *