Menikahlah dengan Kekasih dan Batik Kesukaanmu

Nah, seneng mesti kalo membahas menikah-menikah begini nih, cepet aja bawaannya bacanya, ini juga cepet aja bawaannya ngetiknya. Salam hangat dari kami para jomblo yang sedang memantaskan dri untuk mendampingi jodoh di masa depan. Dan untuk kalian yang sudah berjodoh, menikahlah dengan kekasih dan batik kesukaanmu.

Menikah adalah sebuah ibadah, dimana di dalamnya terdapat sebuah galaksi yang dibangun oleh kedua pasangan yang saling mencintai. Berputar mengelilingi orbit mereka, dan saling melengkapi dalam ruas ruas planet dan taburan bintang. Halah.

Dan kalau kalian menggunakan adat Jawa sebagai sarana ibadah kalian menikah, tidak akan jauh dengan batik tulis. Busana kebanggaan dan kebesaran para mempelai pernikahan adat Jawa. Di dalamnya terdapat ratusan filosofi yang bisa menjadi soko guru kalian menjalani kehidupan berumah tangga.

Berbagai motif batik yang secara turun temurun menjadi alasan mengapa memilih batik sebagai pengiring kalian melepas masa lajang, melepas kehidupan yang dahulu sendiri, menjadi berdua, dari yang mulanya aku dan kamu sekarang menjadi kita.

Karena dari batik yang kalian pakai ketika menikah, akan ada sebuah petuah yang menjadi bekal kalian menjalani kehidupan berkeluarga.  Disamping berkah rahmat Tuhan dan agama yang menjadi point utama tujuan kalian menikah.

Batik tulis Motif Sido Mukti yang menjadi motivasi kalian untuk “mukti” untuk mampu mendapatkan kemulyaan dan diangkat derajatnya oleh Tuhan dengan menjadi keluarga yang benar berbahagia, keluarga yang benar-benar mampu menjaga ibadah dan keyakinan kepada Tuhan Maha Pencipta.

Atau batik Motif Sido Luhur yang akan membuat kalian memiliki pandangan dan cita-cita untuk kehidupan yang luhur, yang penuh welas asih di dalam keluarga, sekaligus mampu menjadi contoh nyata bagi kehidupan di sekitar menjadi ikut dengan suasana nyaman dan bahagia.

Mungkin juga batik Motif Wahyu Tumurun, yang menandakan bahwa memang kalian adalah pasangan yang diridhoi oleh Allah. Pasangan yang selalu mampu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta baik dikala susah maupun senang, dan mampu memanfaatkan segala anugerah Tuhan menjadi bermanfaat untuk siapa saja di sekitar kalian.

Dan satu lagi Motif Batik Truntum yang tumaruntum, yang melambangkan kasih sayang yang terus menerus, selalu berdampingan, selalu mampu saling melengkapi mana yang kurang, dan selalu berdasar pada cinta kasih yang benar-benar tulus dari hati nurani manusia.

Dari sekian banyak motif batik tersebut melambangkan kehidupan pernikahan yang dari awal sudah bercita-cita untuk saling membahagiakan satu sama lain. Batik tersebut menjadi saksi besarnya cinta kasih sesama manusia antara lelaki dan perempuan yang disatukan dalam ikatan pernikahan.

Dan batik tersebut akan menjadi saksi doa kalian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menjalani hidup berumah tangga sesuai dengan kehidupan bernegara, beragama dan bermasyarakat.

Dan untuk itu, mari kita berdoa bersama untuk paling tidak menjadi realisasi dari motif-motif batik yang telah atau akan dikenakan pada hari pernikahan kalian.

Selamat menempuh hidup baru bersama indahnya motif batik tulis Indoensia.

Salam hangat, Indonesian Batik

-prajnapramita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *