Kolaborasi Mengesankan Hanbok Korea Selatan dan Batik Indonesia

Hei..hei..hei.. Annyeong haseyo, apa kabar kalian semua penduduk internet. Admin lagi belajar bahasa Korea Selatan ini, siapa tahu tahun depan jadi berangkat kesana. Jadi penggantinya Siwon, eh. Bukan ding, banyak yang ngga’ terima ternyata, hahaha. Hari ini kita akan membahas kolaborasi mengesankan Hanbok Korea Selatan dan Batik Indonesia. Daebak.

Apa itu hanbok?

 Berbicara mengenai negara yang juga memiliki adat dan budaya yang menarik ini tidak bisa lepas dari busana khasnya. Yepp, namanya hanbok.

Dikutip dari wikipedia, Hanbok (Korea Selatan) atau Chosŏn-ot (Korea Utara) adalah pakaian tradisional masyarakat Korea. Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti “pakaian orang Korea”, hanbok pada saat ini mengacu pada “pakaian gaya Dinasti Joseon” yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional.

Dan kemarin, bapak Presiden Joko Widodo berkunjung ke Korea Selatan untuk kunjungan kenegaraan, dan begitu disambut dengan luar biasa, dan tidak ada salahnya bukan kita juga memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Kembali ke hanbok, bukan laptop, Didukung oleh Asosiasi Korea-Indonesia, perancanag Cho Yun Joo memperkenalkan keindahan hanbok di Korea Festival 2017. Beliau juga telah menyiapkan hanbok kerajaan, hanbok bangsawan, hanbok modern, dan batik hanbok.

Pertunjukan yang digelar di Indonesia, menjadi ide baru bagi Cho Yun Joo. Keinginannya untuk memperkenalkan hanbok sukses ia gabung dengan berbagai kain batik asal Jawa Tengah.

“Aku ingin memperlihatkan berbagai kemungkinan dari perkembangan [hanbok]. Khususnya, dengan pakaian tradisi Indonesia” tuturnya.

Meski dinobatkan sebagai peraih ‘Hanbok Brand Award 2016’, Cho Yun Joo sempat cemas pada pertunjukan kali ini.

“Aku sempat khawatir untuk mempersiapkan fashion show di Indonesia, tetapi setelah mempelajari batik aku kaget [ternyata] kain tersebut indah dan cantik, dan aku ingin menggabungkannya dengan hanbok.”

Kesuksesan Korea Festival 2017 membuat dua kebudayaan ini berpadu di dalam hanbok batik yang begitu mengesankan. Dan diharapkan, akan semakin banyak para perancang busana dari berbagai negara yang tertarik untuk mengkolaborasikan budayanya dengan batik.

Jadi selain kerjasama di bidang ekonomi atau kerjasama di bidang yang lain, kebudayaan juga turut serta menjadi pertimbangan dalam rangka melestarikan budaya dan kesenian tradisional.

Dan karena Korea Selatan dan Indonesia sudah begitu dekat untuk semua itu. Dan tidak menutup kemungkinan suatu saat Girls Generation juga memakai batik, atau artis Indonesia yang bergantian memakai hanbok. Layak untuk kita nantikan.

Oleh karena itu, apresiasi dan ucapan terima kasih dari kami untuk hanbok batiknya, semoga terus berkembang, dan mampu mempererat tali persaudaraan dan kerjasama budaya antara Korea Selatan dan Indonesia.

Terima Kasih dan Salam Hangat dari Indonesia.

감사합니다

“Kamsahamnida”

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *