Batik Tulis Desa Girilayu, Mewahnya Konstelasi Bintang Batik Tulis Ceplok Gondangmanis

Hai batik dan admin lovers, hari yang cerah untuk menemani weekend kalian dengan motif batik. Jangan bosen, jangan mendua, tetap setia sama batik Indonesia. Hari ini ada batik tulis desa girilayu yang new release, motifnya seperti konstelasi bintang yang dilukis dalam motif Ceplok Gondangmanis.

Batik tulis tidak pernah berhenti membuat kejutan dengan berbagai motif dan variasi yang terus dikembangkan oleh para pengrajin batik. berbagai motif dan warna yang indah dengan penuh semangat mereka lukiskan, kemudian mereka ceritakan apa yang ada di dalamnya.

Salah satunya adalah motif Ceplok Gondangmanis ini, iya kami memberinya nama, biar terkenal, kan mungkin saja dibeli Bapak Presiden Joko Widodo nanti.

Batik ini elegan, eksklusif dan mewah, hanya dari sekali melihatnya saja. Mengapa begitu?

Dahulu, motif keraton memiliki motif dan warna yang khas, yang memiliki aura tersendiri dalam seluk beluk motifnya, maupun dari warnanya. Nah batik tulis ini memiliki karakter itu, mewah dan elegan. Dibandingkan dengan sogan, kesejukan warnanya lebih menarik untuk dilihat dan dipakai.

Kita bahas motifnya dahulu. Memiliki motif ceplok yang ditengahnya mirip seperti motif burung dari belakang, dan kemudian di atas unsur burung tersebut ada motif meru atau gunung. Dibingkai segi empat dengan sedikithiasan sejenis ukel namun tidak serumit itu. Motif khas ceplok ini terus diulang dan memiliki latar truntum.

Latar truntum ini yang seperti menggambarkan bintang yang bertaburan di bawah unsur utama yang disebutkan tadi. Latar truntum ini memberikan sentuhan kemewahan untuk lebih menunjukkan apa unsur utama motif Ceplok Gondangmanis ini.

Seperti diibaratkan burung yang terbang di tengah malam dengan taburan bintang gemintang yang menghiasi langit. Sumpah, keren.

Sedangkan nama gondang manis sendiri adalah nama salah satu daerah di Desa Batik Girilayu tempat batik ini dibuat. Dan uniknya, batik tersebut tidak dibuat sarimbit atau berpasangan. Batik ini dibuat limited edition dan hanya satu yang ada di galeri kami.

Sekarang menuju ke warna batik tersebut. warna yang cenderung lusuh atau tidak cerah menjadi karakter kemewahan yang sedari tadi kita bahas. Warna hitam, putih dan cokelat semuanya selaras dan seimbang, tidak berlebih dan tidak kurang, jadi komposisi warna tersebut yang menunjukkan karakter batik tulis yang mewah.

Langsung menuju ke filosofinya, kita semua tahu bahwa ceplok dalam bahasa Jawa berarti sekuntum. (Sekuntum mawar meraaah…aaaa..h..auto nyanyi)

Yang berarti bentuk-bentuk kuntum bunga yang dikaitkan dengan geometris. Ceplok memiliki kesan kedalaman, pola ceplok sendiri memberi kegagahan dan kewibawaan kepada pemakainya. Yang kita tahu bahwa motif ceplok sebagian besar hanya memiliki pola yang sederhana, namun mampu memberikan efek tangguh dan berwibawa kepada pemakainya, tidak terkecuali motif ini.

Yang dapat kami simpulkan bahwa sejauh apapun letak bintang, kita akan tetap bisa melihatnya. Sebagaimana juga kebaikan yang tidak pelu kita tunjukkan, suatu saat orang akan mampu melihatnya, dan memberikan apresiasi atas kebaikan yang telah kita lakukan untuk sesama.

Dengan menjadi bintang gemerlap, kita juga harus mampu melihat lebih jauh tentang masa depan kita, sembari melakukan apapun, dan berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai cita-cita kita dengan tetap rendah hati dan banyak bersyukur untuk kehidupan kita yang indah ini.

Sekian review batik tulis Motif Ceplok Gondangmanis ini, jangan lupa tetap manis dengan memakai batik tulis. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *