Bangsa Yang Besar adalah Yang Mau Menghargai Pahlawan dan Kebudayaannya

Seringkali kita dengarkan bukan quotes yang menjadi judul tema kita hari ini? Namun memang benar sekali bagaimana quotes tersebut menjadi bukti bagaimana kita lihat kejayaan Jepang yang sampai sekarang juga masih sangat menghargai budayanya menjadi bukti bahwa bangsa yang besar adalah yang mau menghargai pahlawan dan kebudayaannya.

Tidak hanya Jepang, bangsa-bangsa yang menghargai kebudayaannya adalah bangsa yang sekaligus bisa kita sebut menghargai bahwa mereka memiliki sejarah yang panjang dan kebudayaan itu wajib dilestarikan.

Mengapa Jepang? Kita bisa melihat bagaimana mereka tetap mempertahankan kimono, salah satu busana yang juga hampir mirip dengan kebudayaan batik Indonesia. Sampai sekarang kebanyakan orang Jepang dengan bangga memakai pakaian khas mereka ini.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Tidak berbeda jauh dengan Jepang sebenarnya, karena di Indonesia juga memiliki karakter yang sama. Meskipun dengan keanekaragaman budaya yang berbeda di beberapa daerah, banyak yang masih mempertahankan kelestarian budaya, termasuk batik.

seperti zaman dahulu ketika Jepang juga sempat berada di Indonesia. Kalau kita ambil segi positifnya, kebudayaan Jepang juga masuk ke Indonesia, batik Jawa Hokokai menjadi buktinya. Di beberapa artikel yang lalu kita bisa mengerti bagaimana kebudayaan itu bisa saling melengkapi.

Menjadi bangsa yang besar adalah bagaimana kita mampu menjadikan sejarah dan perjuangan para pahlawan yang kita yakin mereka tidak main-main dalam berjuang. Bahkan taruhannya, nyawa, nyawa bray, bukan kuota apalagi pulsa.

Selain perjuangan para pahlawan itu, tugas kita hanya bagaimana melanjutkan perjuangan yang telah mereka berikan untuk Indonesia. Salah satu yang paling mudah adalah, menghargai kebudayaan indonesia sendiri. Namun bukan berarti menutup mata dengan kebudayaan lain, apabila kita mampu mengembangkan kebudayaan kita dengan akulturasi yang positif dan tidak menghilangkan kebudayaan asli Indonesia, why not?

Karena kita sekarang ini juga sudah menjadi bangsa yang besar. Sebagai contoh, bagaimana di setiap daerah berupaya maksimal untuk ikut serta memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 17 Agustus nanti.

Berbagai pawai budaya disiapkan, berbagai hiasan bercorak merah putih berkibar, membuktikan bahwa kita memang bangsa yang besar, dan mungkin lebih besar daripada Jepang sebagai negara maju di Asia, dalam hal kebudayaan kita masih sedikit lebih baik.

Oleh karena itu, sekali lagi kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia,kita harus bangga memiliki berbagai kebudayaan yang menjadi jati diri masyarakat Indonesia yangberbudaya.

Semoga langkah kita tetap mantap menuju bangsa yang besar dengan menghargai pahlawan dan kebudayaan sekaligus.

Untuk Satu Indonesia.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Indonesian batik

-prajnapramita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *