Terima Kasih Banyak Telah Mencintai Batik Girilayu

Membangun sebuah dinasti batik bukanlah pekerjaan mudah, apalagi membangun market dan kepercayaan terhadap hasil budaya yang satu ini. Ditambah lagi membangun sebuah ekosistem batik yang berada di desa yang jauh dari suasana perkotaan, begitulah sepertinya gambaran tentang Desa Batik Girilayu. Untuk itu kami ucapkan terima kasih banyak telah mencintai batik Girilayu, kepada setiap orang yang berusaha untuk memajukan batik, dan khususnya Batik Girilayu.

Kami melakukan semua ini bukan bertujuan menghiba, meminta, dan mengharap belas kasihan. Kami hanya ingin Desa Batik Girilayu menjadi terlihat megah seperti kejayaan Mataram yang mampu berjaya di tanah Jawa dengan segala warisan kebudayaannya.

Beberapa waktu yang lalu, sepertinya Tuhan memang selalu mendengarkan doa kita, kami mendapatkan kunjungan dari seorang ibu yang benar-benar mencintai batik Girilayu. Beliau sangat tahu batik Girilayu yang bahkan membeli banyak batik Girilayu.

Atau seorang teman dari Malaysia yang juga sangat berminat dengan batik Girilayu melalui obrolan via whatsapp. Yang bercerita kalau dia ingin menggunakan batik untuk pernikahan kakaknya Desember nanti.

Belum lagi ratusan email yang ingin tahu lebih jauh mengenai batik terutama batik Girilayu. yang bahkan kami tidak pernah bertemu atau bertatap muka dengan mereka.

Di Desa Batik Girilayu sendiri, dari yang muda sampai tua juga masih berjibaku dengan malam, dengan motif, dengan canting yang mereka gunakan untuk menggambar batik. kami sendiri sudah melihat bagaimana semangat kebanyakan masyarakat Desa Girilayu yang ingin bagaimana selain mendapatkan penghasilan dari batik juga sekaligus ikut berpartisipasi untuk mengembangkan budaya batik di negeri sendiri.

Dan dari antusiasme itu, kembali menambah semangat kami untuk tetap memajukan batik Girilayu sebagai sarana bagi kita mencintai tanah air Indonesia. Bagaimanapun, batik tulis akan terus kami perjuangkan agar mampu terus bertahan walaupun zaman terus berlalu.

Dan kembali ke Desa Batik Girilayu, kami berharap agar cinta yang sudah orang lain berikan menjadi semangat untuk para pengrajin batik dan orang-orang yang memperjuangkan batik menjadi sebuah semangat untuk tetap berkarya, tetap membatik dan memakai batik sampai nantinya juga akan diwariskan kepada anak cucu kita nanti.

Semoga dengan cinta dan perhatian yang besar dari para penikmat batik membuat sebuah dinasti baru batik Girilayu yang bisa memakmurkan seluruh masyarakat Desa Girilayu pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sebagai penutup kami teringat sebuah quote menarik,

“mungkin menurut orang lain mimpi kami terlalu besar, tetapi menurut kami mimpi merekalah yang terlalu kecil”

Terima Kasih sudah Berkunjung dan Membaca.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *