Indahnya Oleh-Oleh Batik Tulis Khas dari Desa Batik Girilayu, Karanganyar

Karanganyar, sebagai kota yang penuh dengan berbagai destinasi wisata, tidak heran jika banyak yang menjadi pilihan mulai dari wisata alam sampai wisata budaya berada di kota ini. Dan untuk wisata budaya, kita bisa berkunjung ke Desa Batik Girilayu. Dan salah satu produk yang menjadi pilihan adalah oleh-oleh batik tulis khas dari desa batik Girilayu.

Mungkin dari beberapa wisatawan masih bingung dengan apa yang harus dibawa ketika pulang dari liburan, meskipun banyak souvenir dan berbagai macam oleh-oleh yang bisa di dapatkan. Nah, untuk yang suka dengan batik dan budaya Nusantara, batik adalah salah satu pilihan yang menarik.

Seperti yang kita tahu, batik tulis dari Desa Girilayu sudah terkenal sampai ke mancanegara. Karena merupakan salah satu sentra produksi batik tulis yang selalu berkembang mengikuti trend batik namun tetap menjaga keaslian dan pakem batik tulis sesuai dengan yang sudah diwariskan generasi para pembatik.

Nah, untuk yang masih bingung, banyak pilihan batik tulis yang bisa kalian pilih dan miliki dengan harga yang meskipun relatif mahal, namun kualitas yang sangat baik. Untuk kisaran harga dimulai dari 400 ribu rupiah, karena memang untuk batik tulis harga yang disebutkan memang masih murah.

Oleh-oleh mahal ini memang sedikit mewah bagi beberapa orang, dan memang faktanya begitu. Tetapi dapat dilihat ternyata peminat dan pembeli batik tulis sangat banyak, itu dapat diartikan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia, mendukung dan ingin ikut berpartisipasi dalam mengembangkan dan melestarikan batik tulis sebagai salah satu warisan budaya bangsa.

Koleksi batik tulis yang ada di girilayu sangat beragam mulai dari yang kontemporer sampai yang klasik yang memiliki harga sampai puluhan juta. Dan sebagaian para pembatik mengerjakan batik mereka di rumah, oleh karena itu, ketika kita ingin berkunjung, kita harus berkeliling untuk menuju rumah mereka masing-masing.

Selain oleh-oleh batik, kita juga langsung terjun untuk membatik dengan berlatih langsung kepada para pembatik yang juga dengan senang hati mau mengajari, baik yang berbayar maupun gratis.

 Galeri batik yang menawarkan batik tulis langsung dari tangan para pengrajin batik, dan berbagai macam pilihan batik tulis. Membuat liburan kalian lengkap dengan oleh-oleh batik khas dari desa batik Girilayu.

Dan kebetulan, Desa Batik Girilayu berada dekat dengan lokasi wisata ziarah Astana Giribangun dan Astana Mangadeg yang sudah banyak kita bahas di artikel-artikel sebelumnya. Selain itu obyek wisata di Karanganyar yang mencapai puluhan, membuat liburan kalian akan sangat menyenangkan.

Jadi, bagi kalian yang masih bingung dengan oleh-oleh yang akan kalian bawa kepada orang kesayangan kalian, kalian bisa memilih koleksi di galeri batik kami, atau langsung saja berkunjung menuju para pembatik langsung.

Semoga liburan kalian menjadi seru dan terima kasih telah berkunjung ke kota Karanganyar, kota dimana banyak surga pariwisata yang bisa kalian temukan.

Dan juga tetap dukung batik tulis menjadi salah satu budaya yang selalu kita lestarikan setiap saat.

Terima Kasih telah Berkunjung dan Membaca.

Salam Hangat, Indonesian batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *