Dukungan Presiden Joko Widodo Untuk Batik Indonesia

Selamat siang, liburan sudah habis ternyata ini ya, lebaran juga sudah lewat, kita bahas yang ringan-ringan saja sepertinya yaaa. Kalian seharusnya sudah tahu siapa Bapak Ir. Joko Widodo atau yang akrab Pak Jokowi ini, iya itu Bapak Presiden. Nah, Kali ini akan kita sharing sedikit mengenai Dukungan Presiden Jokowi Untuk Batik Indonesia

Memakai batik memang sudah menjadi budaya tersendiri, tidak perduli siapapun mereka dan memiliki jabatan apapun, memakai batik akan meningkatkan prestise kalian di mata orang lain.

 Dan seperti yang akan kita bahas, mengenai orang nomor satu di Republik Indonesia, Bapak Presiden Jokowi. Dalam beberapa pertemuan baik yang resmi maupun tidak resmi, Presiden Jokowi seringkali terlihat memakai batik.

Selain sekaligus menjaga dan melestarikan batik, sepertinya beliau juga ingin mempromosikan batik ke seluruh dunia. Belum lagi beliau juga berasal dari kota batik Solo, yang penuh dengan sejarah dan warisan batik yang sudah turun temurun.

Dalam berbagai acara kita mendapati Presiden Jokowi memakai batik. Dan batik mampu mengimbangi karakter beliau sebagai pemimpin Republik Indonesia. Pastinya terlihat gagah dan keren nih, langsung saja kita intip style batik beliau.

Ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi Beijing untuk menghadiri acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Beijing, Cina. Dalam foto terlihat Pak Jokowi memakai batik motif parang barong. Motif parang barong menjadi salah satu motif yang paling tua di Indonesia loh.

Parang Barong, berasal dari kata barong (singa). Kata barong berarti sesuatu yang besar, dan ini tercermin pada besarnya motif ukuran pada kain. Besar ukuran parang barong diatas 20 cm dan merupakan induk dari semua motif parang.

Parang barong diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma yang ingin mengekspresikan pengalaman jiwanya sebagai Raja dengan segala tugas kewajibannya dan kesadaran sebagai seorang manusia yang kecil dihadapan Sang Maha Pencipta. Motif ini memiliki makna agar seorang Raja selalu hati-hati dalam bertindak, kebijaksanaan dalam gerak dan pengendalian diri dalam dinamika usaha yang terus menerus. Motif ini hanya digunakan oleh Raja pada saat ritual keagamaan dan meditasi.

Ganteng ya presiden kita kalau lagi memakai batik. beliau juga memakai batik saat hari batik tahun 2014, kalau tidak salah motif ini adalah motif drajat kontemporer.

Pasaraya Tribute to Batik 2014 dengan tema “Pasar Klewer Solo Pindah ke Jakarta” di Blok M, Jakarta Selatan, hari ini. Saat memberi sambutan, Jokowi mengatakan baju yang dikenakannya dia beli di Pasar Klewer, Solo.

Menurut Jokowi, batik sudah seharusnya dipakai dan diperkenalkan terus-menerus. “Saya ingin nanti pejabat atau menteri kalau rapat pakai batik, enggak pakai jas,” kata Jokowi.

 

Nah, kalau ini ketika Presiden Jokowi menemui Juara Bulutangkis All England yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon di Istana Merdeka. Dan dengan kompak Kevin dan Markus juga memakai batik.

Ketika dalam pelantikan kabinet pun beliau juga menginstruksikan untuk para menteri yang akan dilantik menggunakan batik. Dan bahkan memiliki rencana untuk menerbitkan keppres untuk para menteri di kabinetnya agar memakai batik ketika rapat. Bukan memakai jas.

“Kalau dalam rapat kabinet dilarang (pakai jas). Gini loh, batik ini adalah industri kreatif yang berbasis budaya, yang mengangkut jutaan pengrajin. Dari Sabang sampai Merauke. Terus setiap hari kita pakai jas, pakai safari, terus kenapa enggak diganti batik? Kalau pas ada tamu diterima dengan batik kan bagus,” katanya.

Dan bahkan Presiden Jokowi memiliki banyak koleksi batik dari seluruh Indonesia yang biasa beliau pakai baik dalam acara kenegaraan maupun acara sehari-hari.

“Saya menggunakan batik setiap hari, pakai batik dari Aceh sampai Papua ada sekarang. Nggak pernah hitung (jumlahnya). Ratusan lah,” kata mantan Wali Kota Solo itu.

Dan tahukah kalian kalau di museum patung lilin dio Hongkong, patung Presiden Jokowi juga memakai batik. motif yang dipakai pada patung lilin itu adalah motif Babon Angrem.

Bangga rasanya ketika kita memiliki seorang pemimpin yang juga ikut merasa mewarisi budaya batik yang luhur dan turun temurun. Serta tetap melestarikan dan bahkan ikut mengembangkan budaya batik ke seluruh dunia.

Oleh karena itu kita wajib mendukung kebijakan yang memberikan banyak manfaat dalam hal kebudayaan dan terutama batik. Meskipun tidak harus menjadi pendukung beliau, tetapi sebagai bangsa Indonesia, batik masih harus tetap didukung oleh setiap kalangan masyarakat bukan?

Terima Kasih Sudah Membaca dan Berkunjung

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

IMG Resource : Google Images

Reference : Google Search

Posted in Gallery, Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , .

One Comment

  1. Pingback: Jangan Menunggu Pemerintah Memberikan Bantuan, Tapi Bantulah Pemerintah Dengan Batik - Indonesian Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *