Edisi Ramadhan : 5 Pemakaian Batik Sebagai Alat Pelengkap Ibadah Untuk Bulan Ramadhan

Hellow para pemburu takjil, eh, ketemu lagi. Jangan kangen ya, kami juga harus bolos bikin artikel karena juga ingin mendapatkan berkah di bulan suci Ramadhan ini. Tapi tenang saja, ngga’ kaya mantan kalian, kami pasti kembali, dengan senyum dan doa agar kalian semua selalu diberikan kesehatan. Today, kita  mau update informasi pemakaian batik sebagai alat pelengkap ibadah untuk bulan ramadhan.

Sebelumnya, sudah tidak perlu dijelaskan tentang batik, sudah banyak yang lebih pinter. Yang kita bahas kali ini adalah, pemakaian batik sebagai alat penunjang kita beribadah. Tentu saja, bukan untuk pamer atau gaya-gayaan, apalagi untuk pencitraan.

Atau bahkan buat insta story, tik tok, status, aihh jangan, nanti malah jauh dari jodoh.

Ups.

Dibalik semua yang kita pakai untuk beribadah, tentu saja kita harus tetap fokus untuk benar-benar mencari berkah dan ridha dari Allah S.W.T. Banyak trend fashion dan berbagai macam pakaian dari mulai baju muslim dan lain sebagainya. Nah, berhubungan dengan batik, ternyata ada juga loh yang menggunakan batik atau motif batik untuk membuat kita lebih semangat dalam beribadah.

Apa saja itu, lets go, cicipin takjil.

Sarung Batik

 

Krik..krik..krik.

Hahaha, benar sekali, sarung batik ini juga sebenarnya sudah banyak yang memakai. Selain bahan yang adem dan nyaman dipakai, secara otomatis kita akan menjadi lebih nyaman ketika beribadah. Ditambah lagi mampu menjaga kearifan lokal budaya batik Indonesia.

Selain keindahan motif yang dimiliki sarung batik tersebut membuat kita semakin rajin untuk beribadah. Bahkan bisa mengajak yang tidak pernah ke masjid menjadi yang paling pertama datang ke masjid. Namun disarankan tidak perlu dengan tulisan atau motif yang berbentuk hewan atau manusia, lagipula motif batik abstrak seperti motif Kawung, Motif Truntum, juga terlihat sangat menarik.

Produsen sarung batik banyak kita temukan di daerah Pekalongan maupun Kudu. Namun kebanyakan sepertinya dari batik printing atau cap, karena kemungkinan menggunakan batik tulis sebagai sarung akan cenderung jarang ada mengingat harganya yang mahal.

Sajadah Batik

Ada, sajadah panjang terbentang…

Kalian ingat lagu Om Bimbo ini? Yap, sajadah juga menjadi salah satu equip kita untuk beribadah, sebagai alas sujud sholat kita menghadap Allah S.W.T.

Nah, kemarin setelah melihat di google, ternyata kombinasi motif batik dan  motif masjid terlihat sangat indah. Belum lagi dengan warna khas sogan yang menunjukkan bahwa kita adalah salah satu diantara sekian banyak manusia yang juga ingin mengucapkan syukur dengan khusyuk beribadah.

Untuk sajadah batik kemungkinan memiliki bahan yang berbeda dengan kain batik pada umumnya, lebih ke bahan karpet, karena juga bertujuan menjadi alas saat kita beribadah terutama sholat.

Semoga dengan sajadah batik juga lebih menambah semangat kita untuk datang ke masjid dan sholat, bukan hanya jadi para pemburu takjil, kaya admin. Hehehe, next.

Kopiah Batik

Salah satu perlengkapan ibadah umat muslim ini ternyata juga memiliki versi batik, dan memang terlihat elegan dengan corak dan warna yang tidak terlalu cerah. Perlengkapan ibadah yang dipakai di kepala ini memiliki beberapa versi, ada yang panjang, dan ada yang bulat. Tergantung selera dari pemakai.

Dan batik juga menjadi salah satu motif pilihan untuk diterapkan ke dalam model kopiah batik zaman sekarang. Dan sekali lagi, motif yang digunakan adalah motif abstrak yang tidak memiliki bentuk atau karakteristik makhluk hidup karena itu sedikit banyak bertentangan dengan unsur keislaman.

Tetapi seperti kita tahu, motif abstrak pedalaman memang sangat indah dan sarat filosofi, dan filosofi itu juga menjadi pendorong kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa dengan jalan beribadah.

Tuhh, dah seperti penceramah kultum kan.:p skip.

Jilbab atau Hijab Batik

Sebagai salah satu pelengkap busana yang sekarang sangat populer, jilbab ternyata dilarang untuk dipakai oleh para lelaki. Karena itu sebagai penutup kehormatan seorang perempuan. Disamping itu, penggunaan jilbab ini juga sudah memiliki ragam dan varian yang sangat banyak sekali, berjibun.

Salah satunya adalah jilbab batik, nantinya akan khusus kita bahas besok di artikel selanjutnya deh ya. Biar kalian penasaran aja dulu.

Penggunaan motif warna yang beragam dan motif abstrak dan floral yang bervariasi juga memberikan sentuhan keanggunan tersendiri kepada perempuan ini. Selain menambah kehormatan, juga menjaga pandangan para lelaki yang akan melihat.

Duh, semakin menambah keanggunan para perempuan.

Mukena Batik

Nahh, ini juga dilarang untuk dipakai lelaki, apalagi berada di shaf terdepan.

Mukena batik mulai berkembang sekitar tahun 2000 ke sini, karena dahulu warna putih adalah warna yang sudah sangat khas untuk mukena perempuan. Namun sekarang, seiring berkembangnya mode dan fashion, banyak yang menggunakan mukena selain warna putih, dan bahkan memiliki motif batik.

Tentu saja tidak meninggalkan aturan agama dan hukum islam yang berlaku, dan tidak untuk ajang pamer seperti yang kita bahas di atas. Mukena batik juga memiliki banyak trend dan warna yang mungkin perempuan lebih banyak yang sudah mengerti, jadi tidak akan kita bahas lebih jauh.

Finally.

Dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kita berusaha untuk memperoleh hidayah, berkah dan ampunan dari Allah S.W.T, jadi seberapapun mahalnya pakaian, sewangi apapun sajadah, seindah apapun motif batik, ketika kita menghadap Allah, maka kita hanya manusia yang tidak punya apa-apa.

Jadi, bukanlah pakaian indah yang menjadi nilai kita, tetapi bagaimana keindahan hati kita yang menjadi pintu segala ampunan dan rahmat yang luar biasa di bulan Ramadhan ini.

Untuk itu, jadilah seorang muslim yang memiliki toleransi, yang memiliki rasa saling mengasihi satu sama lain, yang mampu memberikan dan menciptakan kedamaian di bumi tercinta Indonesia. Hilangkanlah sifat egois, angkuh, tamak, dan munafik, mari bersama-sama kita bersatu padu membangun Indonesia yang beriman, berbudaya dan penuh kedamaian.

Hehe.

Sekian saja, karena sudah mau berbuka puasa, mau berburu takjil…Cusss…

Terima Kasih Sudah Membaca dan Berkunjung

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

2 Comments

  1. Pingback: Batik Indonesia : Sarung Batik, Motif Batik Abstrak

  2. Pingback: Batik Indonesia : Jilbab atau Hijab Batik, Ragam Warna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *