Explore Desa Batik Girilayu, Rahasia Membatik Udan Liris Yang Tidak Akan Pernah Terungkap

Musim kemarau sepertinya sudah datang dan menghampiri dinginnya hari di Desa Girilayu. Di berbagai sudut desa, tidak dapat banyak berubah. Aktifitas membatik juga masih menjadi klangenan bagi masyarakat desa girilayu. Dan salah satu yang kami temukan adalah rahasia membatik Udan Liris yang tidak akan pernah terungkap.

Pasti kalian bingung, kalau tidak bisa diungkapkan kenapa diceritakan?

Itulah yang menarik, karena kami juga hanya mendapatkan informasi yang sangat sedikit. Tetapi, kami ingin memberikan apresiasi seorang pembatik yang menekuni motif Udan Liris. Beliau juga berada di Desa Girilayu. Satu-satunya yang sementara ini kami temukan.

a

Beliau sudah membatik sejak Sekolah Dasar. Dan memang tidak salah, ketika kami berkunjung beliau mengerjakan salah satu motif Udan Liris yang sangat langka. Halus sekali meskipun belum dicelup warna.

Karena satu dan lain hal kami tidak bisa mengambil foto atau hasil karya beliau untuk menjaga privasi dan pekerjaan beliau yang merupakan buruh membatik. Tetapi kami akan tetap memberikan apresiasi untuk beliau dengan sedikit wawancara mengenai motif Udan Liris, jadi langsung saja.

Apa yang bagus dari motif Udan Liris buat Anda?

Semuanya bagus, Udan Liris itu seperti sebuah cerita romantis, ketika kamu melihat, kamu akan segera jatuh cinta.

Apa kesulitan yang Anda hadapi ketika membatik Udan Liris?

Di dalam motif Udan Liris, merupakan salah satu motif yang sangat rumit, belum lagi garis sudut yang harus memiliki kemiringan yang hampir sempurna. Di dalam garis terdapat sekitar 5 sampai 10 motif berbeda yang dibatik dalam ruang hanya beberapa cm.

Belum lagi penambahan motif lain yang juga membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang luar biasa. Menggunakan canting dengan lubang yang kecil menjadi salah satu pilihan agar motif batik tetap terlihat indah dan sejajar.

Kesulitan yang paling utama itu, kesabaran.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membatik motif Udan Liris?

Kalau hanya sampai ngengreng sekitar 1 bulan, bisa lebih kalau harus ditinggal kegiatan yang lain.

Anda menjadi buruh batik, berapa harga membatik motif Udan Liris untuk sampai ngengreng?

Aduh, kalau itu tidak bisa saya sebutkan, pokoknya cukup untuk membeli bumbu dapur. Hahaha.

Apa Anda hanya menerima motif udan Liris?

Iya, tetapi juga tidak menutup kemungkinan apabila ada motif lain yang ingin dibatik menggunakan keahlian saya. Tetapi saya lebih suka untuk membatik motif Udan Liris. Sudah terbiasa dengan motif yang rumit mungkin. Hehehe

Mengapa jenengan tidak membuat sendiri batik motif Udan Liris lalu dijual?

Mungkin karena takut lama jualnya, soalnya menjual batik tulis itu tidak mudah. Lagipula sudah turun temurun banyak yang bekerja pada juragan batik di kota S. Lagipula juga susah membuat pola motif Udan Liris sendiri.

 Keinginan jenengan untuk dunia batik selanjutnya?

Keinginannya ya, semoga para pembatik lebih mendapatkan kesejahteraan, dan tidak melulu bergantung kepada juragan. Mampu berkembang dan ikut memajukan batik dan desa ini terutama.

sa

Motif Udan liris ini memang sangat langka ditemukan, dan kami beruntung bisa menemui beliau dan mendapatkan tambahan ilmu tentang motif Udan Liris yang mengandung makna ketabahan dan harus tahan menjalani hidup prihatin biarpun dilanda hujan dan panas.

Orang yang berumah tangga, apalagi pengantin baru, harus berani dan mau hidup prihatin ketika banyak halangan dan cobaan. Ibaratnya tertimpa hujan dan panas, tidak boleh mudah mengeluh. Segala halangan dan rintangan itu harus bisa dihadapi dan diselesaikan bersama-sama.

Dan kami masih terbayang dengan motif yang beliau kerjakan kemarin, sungguh indah, sungguh benar menimbulkan sebuah nuansa romantis bagi kehidupan kami.

Sedikit artikel yang kami berikan semoga menjadi sebuah inspirasi dan motivasi untuk terus lebih mencintai batik Indonesia.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

One Comment

  1. Pingback: Batik Tulis, Bukti Tidak Terbantahkan dari Keanekaragaman Budaya Indonesia - Indonesian Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *