Explore Desa Batik Girilayu, Mencari Dusun Batik Tulis Tersembunyi, Babatan

Yayyy, seperti yang sudah kita janjikan kemarin, Prajnaparamita Indonesian Batik akan kembali explore desa batik Girilayu, mencari Dusun Batik tulis tersembunyi. Dan kali ini kita akan mencari cerita tentang batik di salah satu dusun di Desa Girilayu. Kalau kalian melihat animasi naruto, itu ada Desa Konoha, nah kalau di sini ada Dusun Babatan. Kita akan ditemani tokoh fiktif ahli batik yang biasa kami ajak bercerita, mas paijo.

“Berarti di Dusun itu ada ninja yang membatik juga ya mas?”

“mungkin saja mas Paijo, nanti saya lempar shuriken juga ke jenengan”

“wah, jomblo medenii..”

Abaikan makhluk di atas, Dusun Babatan adalah salah satu bagian dari Desa Batik Girilayu, bagi yang belum tahu kita berada di Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Surakarta Jawa Tengah, kode pos 57781. hahaha.

1

Dusun Babatan berada di barat laut Desa Girilayu kalau tidak salah, dan tersembunyi di lereng Astana Mengadeg. Di bawah dusun tersebut terdapat aliran Kali Samin yang berkelok dan dibatasi hamparan sawah yang sangat luas. Dan merupakan salah satu dusun yang masih memiliki tradisi dan budaya membatik yang sampai sekarang masih turun temurun terus beregenerasi.

Disini kita bisa menemukan sekitar kurang lebih 15 rumah yang semuanya pasti memiliki canting dan malam, dan penuh dengan kegiatan membatik. Baik tua atau muda, ketika mengunjungi rumah di Dusun Babatan, isinya orang membatik.

Kurang lebih 500 meter dari jalan utama di Desa Girilayu, kita bisa mencari maestro-maestro membatik yang tersembunyi di berbagai sudut rumah mereka. Tidak hanya membatik, ada juga yang membuat dan menggambarkan motif batik ke dalam kain mori.

Selain itu kita bisa menemukan beliau yang masih membatik sebuah motif, motif yang langka, rumit, dan benar-benar karya yang luar biasa, Pembatik Motif Udan Liris. Kita akan bahas juga suatu saat nanti.

“mas, batik Udan Liris itu batik yang membuat orang banyak bertanya kan ya?”

“lah, kok bisa mas? Sebabnya apa? Kenapa Udan Liris?”

“Nah, itu kan jenengan jadi banyak nanya?”

“wooo, sudah pernah dilempar wajan mas”

Yang jelas, di Dusun Babatan, merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit kami untuk dikunjungi karena begitu penuh dengan kearifan lokal yang tersembunyi dibalik ramainya bumi batik Girilayu.

Selain itu kita tidak akan banyak menemukan sepeda motor lalu-lalang, kita akan dibawa kembali ke alam, dibawa kembali ke dapur yang megah dengan ceret yang gosong, asap mengepul, dan salah satu yang kami suka, batik tulis.

“benar-benar luar biasa, mari kita berburu yang cantik mas”

“apanya mas?”

“ya yang mbatik, kan sampeyan jomblo mas”

“wahh, pelanggaran ini, bawa-bawa status”

Kebanyakan para pembatik sayangnya hanya menjadi buruh membatik, karena memang sepertinya sudah turun-temurun. Tetapi tidak masalah, yang jelas kami sangat senang sekali bisa berkunjung dan mengabadikan cerita dari dusun membatik tersembunyi ini.

2

Banyak perjuangan tentang batik yang bisa kita ceritakan nanti, banyak kisah yang bisa kita renungkan bahwa Desa Batik Girilayu sudah ada sejak dahulu kala. Dan kami akan menjelajahi masa lalu, menuliskan cerita di masa sekarang, kemudian menjadikannya sebuah kenangan untuk masa depan.

Itu saja dulu intro tentang Dusun Babatan, nanti kita batik lebih dalam dan lebih khusus lagi apa yang kita temukan disini. Kalau kalian ingin berkunjung, dengan senang hati kami antarkan, bahkan nyebur Kali Samin, kita akan antarkan.

“mas paijo tadi mana ya, mass, mass paijoo…”

“ooooooiii mass…kulo di bawah siniii….”

“lhadalah, malah sudah nyebur kali, tinggalkan saja kalau begitu, biar kelelep”

“mass, tunggu, entenii…”

Tetap jaga kearifan lokal dan budaya batik membatik untuk menjadi sebuah kisah klasik yang bisa kita ceritakan kembali suatu saat nanti.

Tetap Support Desa Batik Girilayu Untuk Batik Yang Penuh Kearifan Lokal.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *