Keren, Mewahnya Motif Batik yang Dilukiskan dalam Modifikasi Motor Harley Davidson

Halo selamat siang, sugeng dalu, silahkan pinarak lenggah. Sambil meminum kopi yang sudah disajikan bersama pisang goreng dalam hangatnya mentari. Masih tentang batik, kita mau menceritakan tentang mewahnya motif batik yang dilukiskan dalam modifikasi sepeda motor. Kali ini tidak main-main, Harley Davidson nih bray. Dibatik, sadis kerennya.

Kyai perkoso - text

Perkenalkan, namanya Kyai Perkoso, sebuah motor Harley-Davidson Sportster 1.200cc tahun 2007. Memiliki relief batik di beberapa bagian  body sepeda motor tersebut. Tidak main-main, relief batik loh iniloh. Yang merupakan hasil karya insinyur-insinyur seni Jogjakarta yang berhasil memberikan sentuhan budaya Indonesia ke dalam motor keren tersebut.

Dikutip dari qubicle, torehan konsep relief yang berakar pada Back to Own Culture, telah sukses mengundang decak kagum tersendiri bagi para modifikator dunia saat ajang Cool Breaker 2010, di Yokohama, Jepang. Citra dari tema Back to Own Culture yang tertuang di motor bernama Kyai Perkoso ini ternyata mengilhami sejumlah ukiran di kendaraan tersebut.

Jadi ya wajar saja jika balutan ornamen yang melekat di motor tersebut bernuansa Jawa yang sangat kental. Seperti komposisi kerajinan dan kesenian khas Yogyakarta yaitu batik Jawa, kerajinan seni ukir dan kriya logam, yang dipadukan dengan komponen yang sengaja dibuat dari logam kuningan, terlihat sangat jelas dalam corak dan warna cat/painting dalam motor tersebut.

Aduh lupa, nama “Perkoso” itu sendiri memiliki arti kuat. Jadi tidak heran jika Harley ini selain memiliki power yang kuat, juga memiliki kekuatan budaya yang luar biasa mewah. Nama tersebut diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

13282581763_71656cb12f_b

Sepeda Motor yang merupakan produksi Harley-Davidson Motor Company, khas Milwaukee, Wisconsin, Amerika ini memiliki beberapa motif khas Yogyakarta, diantaranya motif Jlamprang, motif Truntum, dan juga motif Kawung. Selain itu terlihat seperti motif parang menghiasi tangki di depan motor keren ini.

Belum selesai sampai disitu.

Selain ”membatik” motor tersebut, hal lain yang tak kalah rumitnya adalah mengukir bagian mesin. Mesin Harley-Davidson Sportster 1200cc tersebut dibongkar kemudian diukir layaknya relief candi Prambahan, detail pahatan batu batuan candi yang kadang asimetris-pun juga sangat jelas terlihat. Di bagian mesin ini, para builder sukses  memadukan seni ukir atau kriya logam, yang merepresentasikan batu relief kuno/artefak Candi Prambanan dengan kreasi custom khas Retro Classic Cycles.

Whaaaattt???

Besok langsung nih sepeda motornya admin sebelah mau diukir relief mantan. Biar sadis, galalunya. xixixi.

Gimana, keren bukan sepeda motornya, batiknya juga keren, admin apalagi. Sudah-sudah sepertinya itu saja dulu sebagai pelunas hutang karena kemarin sudah bolos dua hari karena mencari sebuah misteri tentang batik yang belum kalian tmukan di Desa Girilayu, ada fakta tentang Desa Tersembunyi Yang Membatik di Desa Girilayu.

Jadi tunggu saja ya beritanya.

Keep Berbatik Keep Indonesia.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

IMG : Google Images

Reference : qubicle.id

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *