Mengenal Among Rawuh Pernikahan, Visualisasi Penghormatan Kepada Para Tamu Undangan

Nuwun, para pinisepuh ingkang satuhu dahat kula bekteni. Para rawuh kakung sumawana putri ingkang satuhu bagya mulya. Mugi rahayu saha winantu sagunging karaharjan mugi kasarira ing para tamu sadaya.

Hai..hai..hai..ketemu lagi sama admin Prajnaparamita Indonesian Batik yang paling cantik di sini. Semoga kalian selalu sehat dan bahagia yaaa. Kemarin, ketika admin datang ke acara pernikahan temen admin. Nah pas datang, ada banyak bapak-bapak memakai beskap hitam dengan jarik batik yang diwiru. Dan membuat admin menjadi memiliki ide untuk mencari informasi siapakah mereka.

Dengan berbekal pengalaman sebagai detektif, admin mulai mencari informasi tentang siapakah among rawuh ini.

Kalian pasti sering melihatnya, atau bahkan para sesepuh atau orang tua kita pernah mendapatkan tugas ketika ada sebuah acara hajatan atau pernikahan. Benar sekali, seperti yang tadi admin sebutkan, bapak-bapak dan ibu-ibu yang biasanya memakai seragam yang kurang lebih sama.

IMG-20161219-WA0069 (1)

Arti Kata Among : menjaga atau mengasuh

Arti Kata Rawuh : datang (orang yang datang)

Among Rawuh atau among tamu ini adalah orang yang berada di dekat pintu masuk sebuah acara pernikahan, dan memiliki tugas untuk menyambut, mempersilahkan, dan mengarahkan para tamu undangan untuk menuju tempat yang sudah di sediakan.

Para among rawuh biasanya adalah para sesepuh atau yang dianggap memiliki pengaruh besar dan banyak dikenal orang di sekitar tempat pemilik acara tersebut. Ketika di kota besar yang menggunakan gedung pertemuan, mereka kebanyakan adalah sanak keluarga dari yang punya hajat.

Namun berbeda ketika di desa, para pamong, atau seseorang yang memiliki kedudukan dan dipantaskan untuk menyambut para tamu pasti biasanya mendapatkan tugas ini. Seperti papahnya admin nih karena suka budaya Jawa, terus saja menjadi among rawuh di pernikahan tetangga. Tukang mencari makanan gratis di pernikahan orang. Hehehe.

Pemilihan para among rawuh juga terkadang didasarkan dari attitude atau sikap yang rendah hati, easy going, dan murah senyum terutama. Bagaimana apabila menyambut tamu dengan mrengut, bisa langsung balik pulang kan tamu undangannya.

_IMG_1308

Okay, lalu, kita menuju pakaian.

Among rawuh lelaki memakai beskap hitam (Solo) lengkap memakai blangkon dengan motif batik, kemudian jarit (jarik) batik yang diwiru dan sepatu slop. Tidak ada pakem motif batik yang biasa digunakan para among rawuh. Batik yang dipakai adalah batik tulis dengan motif selain motif parang. Pemakaiannya diwiru sesuai adat yang ada di daerah itu.

Sedangkan among rawuh perempuan juga memakai kebaya dan karena kebanyakan berhijab, maka semakin kesini penggunaan sanggul juga semakin sedikit. Karena mungkin memakai sanggul memakan waktu sedikit lebih lama.

Pemakaian kain batik juga menjadi sebuah tradisi tersendiri, berbeda dengan bapak-bapak, para ibu-ibu biasanya memakai kain batik yang seragam. Apalagi ketika pemilik acara menggunakan jasa rias yang biasanya juga sudah menyediakan busana untuk para among rawuh. Jadi lebih terlihat elegan. Untuk pemakaian sepatu atau heels disesuaikan sesuai selera dan style pribadi.

Para among rawuh ini memiliki tugas utama untuk memberikan penyambutan kepada setiap tamu undangan yang datang. Mereka harus mempunyai sense untuk memberikan sambutan sebagai wakil dari tuan rumah yang memiliki acara, karena tuan rumah sudah pasti berada di pelaminan atau tempat acara utama digelar.

_MG_0734

Among rawuh berbeda dengan penerima tamu meskipun secara harfiah artinya sama, namun penerima tamu biasanya adalah perempuan yang lebih muda dan hanya bertugas menunggu buku tamu dan penyerahan souvenir pernikahan apabila ada.

Sementara itu yang bisa admin sampaikan sebagai info ketika kalian nanti menikah, meskipun dengan tradisi modern atau adat Jawa, tradisi penyambutan ini masih dan mungkin beberapa tahun ke depan masih sangat bisa kita temukan dalam berbagai acara resmi. Para among rawuh ini menjadi tokoh yang juga harus ada dalam pernikahan atau mungkin acara resmi lainnya.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

One Comment

  1. Pingback: Batik dan Beskap Konstelasi Budaya yang Tidak Terpisahkan - Indonesian Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *