Desa Batik Girilayu, Motif Yang Sulit Terasa Mudah Ketika Maestro Batik Turun Tangan

Selamat datang di Prajnaparamita Indonesian Batik, tempat koleksi batik tulis klasik sampai kontemporer. Tempat dimana segala hal tentang batik kita bahas satu demi satu dalam rangka melestarikan budaya batik di Indonesia. Mengulas segala hal tentang batik sebagai sebuah motivasi untuk lebih mencintai batik dan mantan.

Masih bertema Desa Girilayu, Desa yang terkenal dengan sebutan kampung batik Girilayu ini sepertinya masih menyimpan banyak sejarah dan keunikan dunia batik di setiap sudutnya. Berbagai macam motif batik proses membatiknya dikerjakan disini, para maestro batik mengukir malam dengan cantingnya.

Perkenalkan, Ibu Darso, atau kami lebih nyaman memanggilnya Mbah Darso. Salah satu yang baru saja, hari ini kami kunjungi, salah seorang maestro batik Desa Girilayu. Kami akhirnya menyempatkan diri mengunjungi kediaman beliau di Desa Ngadirejo, dan kebetulan beliau sedang membatik. Langsung saja ayo kita wawancara…

Sejak kapan dan sudah berapa lama Mbah Darso membatik?

Sejak usia 6 tahun, sekarang usianya 60 tahun, berarti ya sekitar 54 tahun di dunia batik”

What??? Bayangkan saja, sejak sekitar tahun 1964 beliau sudah mengenal batik dan membatik. Betapa banyaknya batik yang sudah lewat tangan emas Mbah Darso ini. Batik buatannya merupakan pesanan dari batik terkenal Danarhadi, motifnya luar biasa indah, sulit, dan rumit.

Ini sedang mengerjakan motif apa?

“ini namanya motif Jegrik”

Lhais, kami hanya melongo saja melihat motif yang sedang dibatik oleh beliau. Motif yang baru saja kami dengar, dengan kombinasi rusa, bunga, manusia, dan isen-isen seperti ukel yang sangat kecil. Jadi, tidak salah kami menyebutnya seorang maestro membatik kalau yang dikerjakannya motif yang begitu sulit. Motif yang membutuhkan ketelatenan yang tinggi, belum lagi sedikit saja malam yang menetes yang bukan bagian dari motif, harus dibersihkan agar tidak membuat motifnya terlihat kotor.

Menurut beliau sudah lebih dari 3 minggu mengerjakannya. Dalam pengerjaannya pun membutuhkan malam yang khusus. Beliau sudah mengenal dan tahu malam yang akan digunakan untuk membatik. Karena dari malam tersebut yang menentukan motif tersebut menjadi lebih hidup dan lebih indah dilihatnya.

Kesulitan yang dihadapi ketika membatik?

“Sebenarnya tidak ada yang sulit asalkan memiliki niat, kesabaran dan ketelitian”

Mungkin itulah yang generasi muda tidak memilikinya, yang kebanyakan diinginkan adalah bagaimana agar batik cepat selesai, cepat dijual dan mendapatkan uang. Memang sebenarnya bukan hal yang salah, karena kita juga butuh materi agar produksi batik tetap berjalan.

 Namun bedanya, seorang maestro menempatkan materi tersebut di nomor dua, karena seorang maestro lebih sayang kepada motif batik yang sedang dikerjakannya. Dan menurut kebanyakan orang tua bilang, rezeki yang mengikuti usaha kita, dan malaikat tidak pernah salah alamat ketika mengantarkan rezeki dari Tuhan.

Harapannya untuk dunia batik di Desa Girilayu ke depannya?

“semoga kegiatan membatik tetap banyak generasi yang meneruskannya, sehingga gerbang megah Kampung Batik Girilayu itu tidak dibangun dengan sia-sia”

Harapan sederhana dari seorang yang telah bertahun-tahun menggeluti dunia batik di Desa Girilayu. Beliau adalah benar-benar seorang yang luar biasa, kami sebagai generasi muda mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan gelar maestro. Bukan hanya tentang motif dan sulitnya batik yang dikerjakan, tetapi bagaimana selama kurang lebih 50 tahun konsisten membatik, konsisten mengukir sebuah karya seni yang mahal.

Sementara sebagai perkenalan, itu saja yang ingin kami sampaikan kepada kalian. Sebagai bukti bahwa Desa Batik Girilayu masih ada dan masih terus berkembang. Nantinya akan kita ungkap lebih jauh tentang sejarah dan profil para penggiat dunia batik di Desa Girilayu. Jadi jangan lari jauh-jauh.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *