Merealisasikan Ide Gila Tentang Motif Batik Indonesia

Beberapa hari ini kami berpikir keras bagaimana membuat motif batik yang out of the box. Tentu saja tetap tidak meninggalkan karakteristik kita sebagai vendor batik tulis. Mungkin saja batik cap atau batik printing memiliki gambaran dan geometri yang lebih rapi daripada batik tulis, tetapi justru itulah seni batik tulis.

Seketika kami berpikir membuat berbagai motif yang tidak membosankan, tetapi tetap batik tulis. Meskipun motif batik klasik yang ada di Indonesia sudah banyak dan bervariasi, tetapi sebagai generasi muda penerus bangsa tetap kita harus berkembang, rencananya begitu.

Okay, ini ide gila motif batik yang sedang kami realisasikan untuk dijadikan motif kain batik tulis.

Motif Batik dari Tattoo

japanese-tattoos-design

Motif tattoo sangat banyak dan bervariasi, dari mulai tribal sampai berbagai motif lain yang memiliki tingkat kesullitan tinggi. Motif tattoo memiliki seni tersendiri yang menurut kami sangat unik dan original. Motif-motif tattoo memiliki cerita yang seolah-olah membuat kita ingin menambah motif yang misalnya sudah ada di tubuh kita.

Karena ada juga yang melarang penggunaan tattoo dalam tubuh, bagaimana kalau motif tattoo kita aplikasikan dalam desain motif batik tulis kita? Sepertinya menjanjikan juga untuk membuat kesan batik itu for every one. Motif-motif tattoo ada yang mudah juga ada yang sangat sulit, dan kami akan mencoba mengkombinasikan antara motif tattoo dengan motif batik klasik kami.

Motif Batik dari Sketsa Gambar

93884c79d3a461f809d85d57133a380f

Batik pasti mempunyai motif, dan setiap batik memiliki sebuah cerita dalam motifnya. Tinggal bagaimana kita mengekspresikan sebuah cerita dalam motif batik yang akana kita buat. Sebelum membatik, terutama batiik tulis, paling tidak kita harus membuat sketsa motif tersebut.

Sketsa motif tersebut harus memilik aturan tersendiri karena berbeda lagi, karena motif akan berbeda ketika di batik. Warna yang akan digunakan, dan dasar atau background yang akan dibuat.

Dan keinginan kami adalah membuat motif batik dengan sketsa gambar kota atau sketsa wajah seseorang yang kemudian dibatik pada kain. Sepertinya akan sangat sulit karena sketsa yang dibuat penuh dengan garis dan isi yang tidak geometris. Karena tidak ada pakem motif batik di dalamnya.

Motif Batik dari Cerita Komik atau Manga

457866-635948650401513095-16x9

Komik merupakan sebuah buku bercerita yang dibuat dalam bentuk gambar dan tulisan. Dahulu komik kebanyakan tidak berwarna alias hitam putih. Komik yang terkenal berasal dari negara Jepang dan telah tersebar diseluruh penjuru Indonesia.

Sketsa komik merupakan sebuah cerita yang digambarkan dengan beberapa ratus halaman atau lebih. Media yangdigunakan adalah kertas, lalu bagaimana misalnya kita membuat motif komik dalam batik yang akan kita buat? Ide ini masih dalam proses pematangan konsep dan ide cerita. Semoga segera terlaksana deh ya.

Sedikit dari kami tentang ide gila yang akan kita eksekusi untuk nantinya digunakan souvenir atau hiasan, atau mungkin sebagai hadiah kepada perkembangan batik tulis Indonesia.

Apabila kalian memiliki ide gila tentang motif batik, lets do that together. Jangan cuma disimpan dalam kepala, tetapi aplikasikan dalam batik karya kalian.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *