Motif Tambal Batik Desa Girilayu, Mulai Memperbaiki Senyum Batik yang Hilang

Oke, dengan adanya Desa Batik Girilayu kami berkeyakinan bahwa perkembangan batik akan semakin menuju ke arah yang lebih baik. Menciptakan motif yang bervariasi sekaligus motif yang memiliki filosofi. Motif batik Desa Girilayu kebanyakan merupakan adaptasi dari batik Solo yang sudah lebih dulu terkenal. Namun banyak juga yang merupakan kreasi dari Desa Girilayu sendiri.

Motif Batik Tambal ini berasal dari daerah Yogyakarta, batik tersebut memiliki desain kotak-kotak yang di dalamnya ada berbagai motif batik lain. Agar pesona batik tersebut lebih terlihat klasik dan unik. Motif yang digunakan bisa berbagai macam tergantung dari desainer batik tersebut. Biasanya ada yang menggunakan motif parang, motif ceplok ataupun motif paru.

2

Di Desa Batik Girilayu tidak kalah. Kami sempat menemui motif batik Tambal ini, dan dalam sekali lihat langsung membuat kami tertarik. Mengapa, karena motif ini terlihat berbeda dengan motif yang lain. Dan batik Tambal ini merupakan batik tulis buatan Desa Girilayu.

Di dalam batik tersebut terdapat motif parang, kupu, sampai motif kawung. Dengan warna sogan alam yang menguatkan karakter batik tersebut. Warna yang merupakan komposisi dari gelap terang menjadi pilihan yang unik dan menarik untuk sebuah motif batik.

Untuk filosofi batik bermotif Tambal adalah dalam setiap kehidupan manusia pasti ada yang mengalami berbagai halangan dan rintangan. Meskipun mungkin hanya sebuah mitos, tetapi motif batik tambal ini mampu membuat orang yang memakainya menjadi lebih bersemangat untuk menjalani kehidupan. Mengobati jiwa dan kesombongan manusia yang pada akhirnya akan kembali kepada Yang Maha Kuasa.

Kegunaan motif batik Tambal ini adalah untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja harus disesuaikan dengan fashion yang baik. Fungsinya adalah memakai batik bukan hanya untuk fashion dan trend semata, tetapi lebih memahami apa tujuan hidup manusia. Siapa saja boleh memakai motif batik Tambal tersebut.

3

Dengan berbagai model fashion, pencinta batik pasti lebih mengerti bagaimana memodifikasi batik tersebut menjadi sebuah pakaian yang menjadi trendsetter fashion 2018. Kami yakin desainer Indonesia lebih berpengalaman untuk membuat model-model pakaian atau kebaya yang sesuai dengan budaya ketimuran bangsa Indonesia.

Masih banyak motif batik yang kita temukan di Desa Girilayu. Berbagai corak dan motif yang unik baik itu kontemporer maupun klasik memperkuat citra Desa Girilayu sebagai desa yang membuat batik kembali menemukan senyumnya di mata dunia.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *