Mengenal Henna, Seni Membatik Anggota Tubuh

Penggunaan motif batik dalam berbagai media memiliki banyak variasi. Yang terbaru adalah penggunaan motif batik yang dilukis ke tangan atau anggota tubuh kita. Dan lebih dikenal dengan nama Henna. Di Indonesia sendiri Henna sudah semakin populer digunakan, ketika seorang mempelai wanita akan menikah, menggunakan Henna sebagai tambahan riasan semakin membuat pernikahan menjadi berkesan. Henna kebanyakan dipakai oleh perempuan, seni membatik tangan ini menjadi populer karena keindahan dan beragam motifnya.

Dalam bahasa latin henna merupakan tanaman Lawsonia Inermis. Orang-orang Arab kemudian menyebutnya dengan hinna. Seni yang dihasilkan dari henna ini orang India menyebutnya henna mehndi atau mehendi, sedangkan dikalangan umum dikenal dengan henna tattoos. Di Indonesia sendiri henna lebih dikenal dengan sebutan inai.

Mengenai asal muasalnya, ada banyak sekali perbedaan pendapat. Ada yang mengatakan seni henna mehndi ini dibawa olah bangsa Mogul ke India, ada juga yang mengatakan asal mula mehndi dari India, selain itu ada pula yang mengatakan berasal dari Timur Tengah atau Afrika Utara.

Henna merupakan tanaman tertua yang dari dulu kala biasa digunakan untuk bahan kosmetik (kecantikan). Henna sangat aman sekali digunakan karena warna yang timbulkan adalah warna alami, tanpa pewarna sintesis kimia atau bahkan bahan berbahaya lainnya. Henna yang sudah diracik menjadi sebuah mehndi atau mehendi bisa digunakan untuk membuat pola atau desain yang indah di bagian kulit, biasanya di tangan dan kaki.

Dari dulu henna digunakan untuk proses penyembuhan dan terapi. Henna juga dipakai untuk menyehatkan rambut agar semakin mengkilap, mengobati kebotakan, menyembuhkan biang keringat, menghilangkan ketombe, serta berfungsi sebagai kondisioner rambut dan baik untuk kulit kepala.

Wanita-wanita India memakai henna untuk mempercantik diri mereka selain memakai perhiasan dan make up. Biasanya dipakai sehari-hari untuk menambah keharmonisan bersama suami mereka. Henna juga digunakan dalam acara-acara penting seperti pernikahan, upacara khusus dan lain sebagainya.

Misalnya dalam hal pernikahan, dua atau tiga hari sebelum hari pernikahan berlangsung, mempelai perempuan harus menghadiri pesta mehndi atau mehendi yang diselenggarakan bersama keluarga dan teman.

Pada pesta tersebut tangan mempelai perempuan akan dihiasi mehndi (henna) dari ujung jari sampai siku, dan di bagian kaki dari ujung kaki sampai lutut. Lalu nama mempelai laki-laki akan dituliskan secara tersembunyi di sela-sela mehendi yang dipasang kemudian akan dijadikan permainan kuis pencarian nama calonnya.

Permainannya dilaksanakan pada saat sebelum pernikahan dimulai. Dalam permainan tersebut mempelai laki-laki harus menemukan lebih dahulu dimana tulisan namanya disembunyikan. Terkadang mempelai laki-laki juga dihiasi dengan mehendi.

Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa pemakaian henna bisa menangkal kejahatan dan membawa nasib baik bagi yang memakainya. Oleh karena itu henna biasanya dipakai saat sebelum melahirkan (waktu hamil) dan sebelum pernikahan.

Sedangkan di Indonesia prosesi pernikahan tradisional di beberapa daerah memasukan ritual pemakaian daun pacar sebagai salah satu ritual pernikahan melayu. Masing-masing daerah memiliki arti dan makna tersendiri untuk ritual tersebut, meskipun di masa sekarang ini ritual dianggap oleh sebagian kalangan masyarakat Indonesia sebagai pelengkap prosesi pernikahan suatu adat semata.

Henna dengan motif batik juga semakin diminati karena keunikan dan kerumitan motifnya. Semakin rumit motif henna tersebut maka semakin mahal juga biaya. Kecuali ingin menggambar motif sendiri yang unik dan menarik. Penggunaan motif batik dalam seni Henna sebagai inovasi dan kreatifitas tersendiri. Dan semoga dengan adanya seni tersebut juga meningkatkan perkembangan motif batik itu sendiri sebagai budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Kalian tertarik dengan seni membatik di tangan atau Henna?

Salam Hangat, Indonesian batik

-prajnaparamita-

Posted in Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *