7 Ide Kreatif Penggunaan Motif Batik Indonesia

Desain motif batik yang beraneka ragam dalam Batik Indonesia membuat semakin banyaknya ide kreatif untuk pembuatan perlengkapan sehari-hari  selain kain batik. Dan uniknya ketika menggunakan motif batik barang-barang kreasi tersebut menjadi lebih bernilai dan lebih terlihat indah. Dengan adanya ide-ide kreatif tersebut, batik tidak hanya sebagai kain yang memiliki nilai filosofis saja tetapi juga memiliki nilai jual dan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.

Untuk itu langsung saja kita menuju pembahasan apa saja ide kreatif yang dibuat dari motif batik indonesia yang sudah banyak kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun masih butuh banyak pengembangan namun langkah untuk mempopulerkan batik di dunia internasional memang harus semakin ditingkatkan. Apakah 7 Ide kreatif tersebut, inilah yang berhasil kita kumpulkan :

1. Pakaian atau Baju Batik

Pakaian sudah pasti menjadi yang pertama dalam daftar kita, karena memang sebenarnya motif batik itu adalah sebagai fashion yang sudah sejak dahulu kala dipakai dan dikembangkan oleh generasi kita sebelum-sebelumnya. Perkembangan pakaian dengan motif batik semakin meluas dan memiliki banyak trend yang berbeda, mulai dari kebaya, kemeja, sampai dress untuk pesta dan pernikahan juga sudah banyak berkembang. Belum lagi variasi model fashion yang beraneka ragam membuat batik semakin dikenal dan menjadi favorit di kalangan pencinta batik Indonesia.

2. Blangkon dan Iket Batik

Sebagai penutup kepala kita tampilkan blangkon sebagai komoditas yang menarik, karena di Indonesia sudah banyak perajin blangkon yang memiliki pelanggan tersendiri. Blangkon, iket dan sejenisnya merupakan souvenir yang mudah untuk didapatkan. Dengan menggunakan motif batik yang berbeda, blangkon dan iket memiliki nilai khas tersendiri dalam dunia wisata maupun fashion. Banyak yang masih menggunakan blangkon seperti seorang dalang, para abdi dalem, dan para pencinta seni lainnya juga sudah dan masih banyak memakai blangkon sebagai identitas Indonesia mereka.

3. Topeng Batik

Topeng memiliki fungsi sebagai hiasan atau sebagai souvenir yang juga memiliki pasar yang baik. Penggunaan motif batik pada topeng Jawa menambah karakter klasik dan elegan. Meskipun tidak semua dipakai untuk kehidupan sehari-hari, topeng batik juga salah satu kreatifitas yang baik untuk perkembangan batik Indonesia dalam halseni dan pariwisata.

4. Sepatu dan Sandal

Tidak luput dari kita kalau sudah banyak juga yang mengembangkan motif batik untuk trend fashion sepatu yang terlihat unik. Meskipun belum luas pasar yang dihasilkan, namun sepatu batik juga memiliki komunitas tersendiri untuk dipasarkan. Dengan desain dan motif kontemporer yang memadukan motif dengan pewarnaan yang baik, sepatu dan sandal batik tersebut mampu memikat para penggemar batik baik klasik maupun kontemporer.

5. Aksesoris Batik

Banyak sekali yang bisa kita temukan mulai dari gelang sampai aksesoris sehari-hari lainnya seperti casing handphone, jam tangan, dan banyak lagi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan motif batik sebagai dasarnya. Jadi perkembangan batik tidak hanya pada kain batik saja, tetapi sudah masuk ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Aksesoris dengan motif batik juga menambah penampilan kita menjadi lebih elegan dan eksotis ketika bekerja maupun menghadiri acara-acara resmi.

6. Henna Batik

Melukis motif batik di tangan juga sudah banyak kita temukan, misalnya ketika ada perempuan yang akan menikah biasanya akan membuat henna dengan motif batik di tangannya. Tidak mempelai perempuan yang akan menikah, sekarang sudah banyak pembuat henna dengan berbagai motif yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Wallpaper Batik

Untuk menguatkan kesan sebuah rumah yang etnic dan klasik kita kadang melihat desain wallpaper yang penuh dengan motif batik. Dalam penggunaannya motif batik bisa memunculkan suasana yang sejuk dan cenderung nyaman untuk ditinggali. Kesan unik akan muncul dengan ditambahkan berbagai ornamen batik klasik sebagai penunjang eksotisme rumah tersebut. Selain sebagai wallpaper rumah, kami menemukan bahwa motif batik juga digunakan untuk menutupi dan menghias motor vespa. Lihat bukan betapa uniknya motif batik dipadukan dengan klasiknya naik vespa keliling kota dengan istri tercinta.

Masih banyak lagi yang bisa ditemukan dari penggunaan motif batik dalam kehidupan kita sehari-hari, dan masih banyak yang akan muncul dari inovasi dan ide kreatif masyarakat Indonesia. Perkembangan motif batik masih akan terus berkembang dan berbeda dari generasi ke generasi. Dan sudah tugas kita bersama untuk melanjutkan perkembangan itu dan mewarisi batik sebagai budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Tetap cintai batik, dan tetap cintai kebudayaan Indonesia.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Boleh  tinggalkan komentar di bawah dan follow fanpage kita. Gratis.

Salam Hangat, Indonesian  Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *