5 Motif Batik Indonesia Klasik Yang Elegan Untuk Fashion Anak Muda 2018

Batik Indonesia memiliki berbagai ragam motif yang unik mulai dari motif yang klasik sampai kontemporer. Dalam perkembangannya batik sudah masuk trend fashion dunia sebagai motif yang unik dan atraktif. Meskipun banyak yang menganggap batik hanya untuk orang yang sudah tua, padahal sebenarnya batik tetap elegan untuk dipakai siapa saja. Terutama motif batik klasik yang akan kita bahas sebagai trend fashion anak muda 2018.

Banyak modifikasi dari batik yang membuat pasar batik semakin berkembang dengan berbagai dress dan kebaya batik hasil akulturasi motif batik klasik dan modern. Bahkan perancang busana terkenal sekelas Anne Avantie juga ikut mempopulerkan desain baik yang elegan dan match dengan selera anak muda sekarang ini. Pemakaian motif batik juga beraneka ragam, tergantung pada event acara apa batik bisa menjadi outfit yang sempurna dipakai. Misalnya dipakai untuk acara wisuda, atau acara pernikahan entah sebagai pengantin atau hanya sebatas menjadi bridesmaid, atau ke kondangan mantan juga bisa.

Sudah cukup basa basinya langsung saja kita bahas motif batik klasik yang bisa menjadi trendsetter anak muda zaman sekarang.

Motif Batik Indonesia Udan Liris

Sebagai salah satu motif batik khas indonesia, motif Udan Liris juga memiliki banyak makna yang bisa kalian baca disini. Lalu bagaimana ketika dipakai anak muda? Apakah terkesan kuno? Tentu saja tidak, banyak motif batik Udan Liris yang sudah dikembangkan dan menjadi cita rasa tersendiri bagi pencinta batik. Apalagi batik kontemporer juga sudah banyak yang mengadopsi motif ini untuk disandingkan dengan kebaya atau dress modern mengikuti perkembangan zaman. Motif ini cocok digunakan berpasangan atau sarimbit, juga bisa kompak digunakan sebagai identitas geng kalian ketika datang ke pernikahan.

Motif Batik Indonesia Truntum

 

Dengan warna yang elegan, motif batik Truntum juga menjadi pilihan yang tepat untuk dipakai sebagai pasangan kebaya modern. Warna hitam cokelat dan kombinasi taburan bunga melati bisa membuat kalian menjadi pusat perhatian apalagi menggandeng Adipati Dolken atau Hamish Daud ketika berada dalam sebuah acara resmi. Sebagai motif klasik yang dahulu hanya dipakai oleh keluarga kerajaan, motif ini cocok digunakan sebagai siapa saja. Kalian bisa berkonsultasi dengan designer kepercayaan kalian untuk membuat dress couple yang elegan bersama pasangan. Kemudian datang ke pernikahan mantan, mungkin saja mantan akan langsung menyesal sudah meninggalkan kalian.

Motif Batik Indonesia Sido Mukti

Dilihat dari namanya saja, Sido Mukti, kalau di Indonesiakan berarti Jadi Sukses. Kalau menurut kami lebih pas disebut “Jadi Keren”. Motif batik asli solo ini bisa kita pakai ketika acara wisuda dengan paduan kebaya modern. Filosofinya adalah kita sudah selesai menempuh pendidikan selama kuliah dan kita akan menjadi orang yang sukses di kemudian hari. Motif batik ini juga bisa menjadi paduan elegan ketika menghadiri acara pernikahan atau acara resmi lainnya.

Motif Batik Klasik Indonesia Sekar Jagad Lasem

Dengan corak motif bunga dan paduan warna merah khas daerah pesisiran. Motif ini membuat kehadiran kita menjadi pusat perhatian tersendiri. Motifnya yang elegan dan dengan detail motif bunga yang menarik menambah aura kecantikan kalian 20%. Selain itu motif ini menunjukkan kesan yang mewah dan mahal ketika dipadukan dengan kebaya modern. Kalian akan menjadi incaran para single yang sedang berkeliaran mencari mangsa ketika datang di acara wisuda atau acara resmi seperti pernikahan. Mungkin saja kalian nanti akan menemukan admin menjadi salah satu diantara mereka.

Motif Batik Klasik Indonesia Jawa Hokokai

Ketika kalian memakai batik ini dalam acara apapun, kalaian akan menjadi incaran kolektor batik, bukan deepcollector. Karena batik langka ini memiliki motif yang khas dan merupakan perpaduan budaya Jawa – Jepang. Identik dengan pola bunga sakura dan kombinasi motif parang, serta hiasan-hiasan yang rumit pada motifnya menambah kesan eksotis dan eksklusif bagi yang memakainya. Batik ini memiliki dua bagian motif berbeda dan dapat berpadu secara alami. Sehingga pembuatannya pun memakan waktu yang sangat lama dan harganya yang cenderung tidak murah.

 

Dari kelima motif batik klasik Indonesia di atas sebenarnya masih banyak motif klasik yang bisa menjadi pilihan ketika kalian bingung ingin memadukan kebaya kalian dengan motif batik tertentu. Ditambah lagi banyaknya motif kontemporer yang juga bisa menjadi pilihan kalian ketika harus menghadiri acara wisuda atau pernikahan bersama pasangan atau teman kalian. Menjadi bridesmai bersama-sama dan memiliki motif batik klasik kompak dan elegan, menambah kepercayaan diri kalian untuk memakai batik dalam berbagai acara resmi.

Sekian dari admin, sebagai pencinta batik, kami juga akan tetap support kalian yang juga memakai batik dan memberikan cinta serta penghormatan spesial buat kalian.

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Fashion Batik, Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *