Batik Tulis Motif Lintang Nagari, Keindahan Fajar di Bumi Nusantara Indonesia

Selamat siang para penduduk internet, sepetinya vakum lama sekali kita ya. Terima Kasih masih setia menemani kami berjuang mempertahankan khasanah budaya batik tulis negeri kita tercinta, Indonesia. Salam hangat dari kami sebagai tuan rumah budaya batik yang berusaha memberikan segala pengetahuan mengenai batik dan berbagai macam budaya Indonesia. Kali ini kita akan membahas kembali batik tulis motif lintang nagari, sebagai awal mengisi lagi cinta kita terhadap batik.

ETIMOLOGI

Dalam batik tulis, sebuah nama juga memiliki arti tersendiri yang berusaha menunjukkan bagaimana karakter batik tersebut. Sebagaimana salah satu batik ini yang memiliki nama Lintang Nagari, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Bintang Negara”. Nama besar yang diambil untuk menunjukkan bagaimana bersinarnya seni budaya Indonesia yang bahkan dalam ratusan tahun terus mampu bertahan.

Kebanyakan batik tulis memiliki nama yang berasal dari bahasa Jawa, baik itu jawa kuno maupun modern. Yang secara tidak langsung ingin menunjukkan bahwa masih ada budaya yang berjuang dan bertahan untuk membanggakan bumi Indonesia.

SRUKTUR DAN BAHAN

Batik tulis adalah sebuah mahakarya yang begitu luhur, sehingga dalam pembuatannya membutuhkan kesabaran, ketekunan dan ketelitian untuk mampu memberikan sentuhan seni sekaligus karakter yang dimiliki oleh batik tersebut.

Sebagaimana batik Lintang Nagari ini dibuat dengan kain yang berkualitas dan dicanting dengan tradisional agar tidak menghilangkan keaslian dan keindahan batik ini. Dengan malam dan berbagai bahan berkualitas sebagai salah satu syarat kesempurnaan sebuah batik tulis.

MOTIF

Mengambil tema motif Wahyu Tumurun, batik dengan sentuhan klasik ini mengusung keanekaragaman Nusantaa dengan balutan motif utama seperti burung cendrawasih. Ditambah dengan keindahan ornamen-ornamen rumput dengan latar hitam khas batik tulis.

Ditambah dengan taburan cecek yang besar kemudian diberikan ornamen tepian ukel yang seperti ingin menyampaikan bahwa batik ini dibuat dengan cantingan tangan-tangan ahli yang tidak akan ada duanya, di dunia ini.

Ornamen burung cendrawasih tersebar di dalam batik ini agar lebih menguatkan keindahan budaya yang tersembunyi dalam belantara Indonesia yang mungkin beberapa orang belum pernah melihatnya.

PEWARNAAN

Beralih kepada pewarnaan baik ini, sebagai generasi penerus batik klasik, sudah pasti warna alam menjadi pilihan terbaik untuk batik dengan tema klasik. Bahan-bahan terbaik dari alam dikumpulkan dan menjadi warna yang indah.

Batik Lintang Nagari ini memiliki warna latar hitam dengan sebagian warna sogan, merah dan putih yang mampu bersinergi menjadi satu kesatuan keindahan sempurna mahakarya batik tulis. Warna alam ini akan bertahan puluhan hingga ratusan tahun dan akan semakin indah apabila diperlakukan dan disimpan dengan baik.

FILOSOFI

Sudah tidak asing bagi kita apabila akan menemukan ada rahasia dan makna tersembunyi yang ada di dalam batik tulis.

Seperti juga batik ini, sebuah makna yang diusung bahwa batik ini adalah mahakarya yang hanya dmiliki oleh Indonesia. Meskipun ribuan bintang yang bertaburan, tidak akan mengurangi keindahan salah satu bintang yang berusaha terus bertahan untuk membanggakan Indonesia agar lebih mampu memliki wibawa dan kebijaksanaan untuk menuju kedamaian, keadilan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Terkadang meskipun berbagai halangan, rintangan yang berat menghadang perjalanan bangsa Indonesia, yang pasti perjuangan belum selesai, pejuangan harus terus berlanjut untuk mengembalikan kejayaan budaya bangsa Indonesia yang dahulu begittu terkenal di seluruh dunia.

Dan semoga, darri batik ini kita mampu mengambil kebaikan, mampu menjadi karakter manusia yang tangguh dan terus mampu berjuang mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari fajar di lereng Lawu, kami mengirimkan salam dan doa, semoga Indonesia semakin Jaya.

Terima Kasih

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *