Pesona Batik Indramayu, Perbauran Ragam Budaya Batik Sunda dan Batik Jawa

Indramayu, Jawa Barat, selain terkenal dengan perempuan-perempuan cantiknya (dulu mantan admin cantik banget), ternyata kota ini juga menyimpan khasanah budaya batik. letaknya yang merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat menjadikan karakter batiknya yang menarik. Lalu bagaimana perbauran Ragam Budaya Batik Sunda dan Batik Jawa tersebut, let’s see pesona batik Indrmayu.

Sebagai salah satu kota batik berkarakter pesisiran karena pada alur lalu lintas perdagangan pesisir utara yang ramai, terjadilah perbauran ragam budaya batik Sunda dan juga Jawa. Karena selain perbauran bahasa, makanan, batik tulis juga salah satu yang mengalami proses perbauran itu.

Yang membuatnya telihat unik dan memiliki karakter dua budaya yang sama-sama melestarikan budaya batik. menjadikan Batik Indramayu dengan karakter-karakter khasnya, dua unsur batik yang menjadi satu dengan keindahan.

Batik Indramau sering disebut batik Dermayon, dan banyak bercerita tentang kekayaan laut dan bahari masyarakat setempat. Sehingga mnjadikan motif berbentuk udang, cumi, tumbuhan laut, dan kapal sering terlihat dalam berbagai ragam hiasnya.

Motif-motif dengan corak yang ceria dan memiliki warna khas pesisiran membuantnya lebih terlihat menarik dan unik. Sebagaimana motif –motif seperti batik Iwak Entong, Karang Gurdo, dan Bunga Karang. Ciri lain yang batik Dermayon atau Batik Indramayu miliki adalah pada latar putih, yang dihidupkan oleh warna-warna cerah khas pesisiran seperti merah, hijau, biru, dan kuning.

Salah satu motif khas Indramayu adalah motif Kain Kapal Kandas, yang bercerita tentang perjuangan orang Indramayu melawan pendudukan Belanda dan Jepang yang memperlihatkan bagaimana kandasnya kapal-kapal pedagang asing yang ingin menguasai.

Selain itu ada juga motif kluwungan yang secara adat dikenakan pada ruwatan anak tunggal tiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Motif-motif Indramayu juga mendapatkan pengaruh dari Tiongkok karena sebagian besar kota batik pesisiran mendapatkan pengaruh budaya perdagangan pada zaman dahulu. Sehingga hadir juga motifmotif liong, motif lokcan, serta motif bunga-bungaan yang pada umumnya menghiasi ragam hias Tiongkok.

Untuk saat ini, Batik Dermayon ini berpusat di wilayah Paoman dan Pabean Udik. Ratusan pengrajin batik sehari-hai meneruskan tradisi batik baik itu batik tulis maupun batik cap yang mampu menghasilkan 300 an lembar kain batik per bulan, jumlah yang sangat banyak untuk ragam budaya batik, mengingat batik tulis pedalaman hanya mampu membuat maksimal 4 kain yang sudah jadi.

Pesona batik Indramayu ini hanyalah salah satu diantara kota-kota pesisir yang memiliki warisan budaya ragam hias batik. dan menambah khasanah budaya baru untuk dinasti batik Indonesia.

Semoga, batik Indramayu juga mampu melestarikan budaya batik tersebut turun temurun untuk ikut bersama-sama menjadikan khasanah budaya dan pesona baik Indonesia semakin mendunia.

Terima Kasih

Salam Rahayu, Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *