Mengapa Budaya Batik Muncul di Peradaban Sejarah Budaya Indonesia

Batik tulis sudah kita kenal jauh sebelum kita lahir, bahkan mungkin pada peradaban  yang begitu tua di Nusantara. Dan mampu bertahan sampai sekarang di antara kehidupan sosial masyarakat yang beraneka ragam. Kemudian, mengapa budaya batik muncul di peradaban sejarah budaya Indonesia?

Dilihat dari sejarahnya, perdagangan Internasional seudah maju sejak adanya jalur-jalur sutera perdagangan yang membawa para pedagang asing datang ke Nusantara, terutama pulau Jawa. Peradaban paa pedagang asing tersebut lebih maju dan lebih memiliki nilai dan norma yang sudah lebih baik pada masa itu.

Ketika telah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, baik secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi penduduk asli yang masih berada dalam peradaban kuno. Yang mungin dalam peradaban fashion ataupun busana, masih menggunakan daun atau rumbai untuk menutupi area tertentu tubuh mereka.

Peradaban akan membuat kebudayaan juga terus berkembang seiring dengan pengetahuan dan akal manusia yang semakin pandai dan memiliki naluri yang membawa mereka memiliki nilai dan norma dalam kehidupan.

Bangsa Indonesia sendiri memiliki sejarah yang begitu luas dan begitu besar. Tidak hanya tentang peradaban yang ada tetapi juga kebudayaan yang turun temurun dan lestari sampai sekarang ini. Dan batik tulis adalah salah satu budaya yang masih bertahan di Indonesia ini.

Sama seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan yang sampai saat ini menjadi peninggalan bersejarah yang tidak ternilai harganya. Begitu juga batik tulis, bedanya batik tulis masih mampu berkembang dan mampu beradaptasi dengan peradaban yang baru.

Karena itulah batik tulis mampu bertahan dengan adaptasi, dengan karakter dan filosofinya yang masih relevan dengan berbagai peradaban modern saat ini. Dan bahkan masih akan terus bertahan sampai nanti anak cucu kita nanti di masa depan.

Disamping itu karakter manusia Indonesia yang juga masih mampu menghargai hasil budaya batik sebagai sebuah kebanggaan yang membuat batik akan terus bertahan. Meskipun tidak semua mampu bertahan karena seleksi alam yang mungkin sedikit kejam.

Kita doakan sja semoga batik tulis akan terus bertahan menghadapi tantangan dan rintangan yang ada dengan tetap membawa filosofi luhur untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi sebuah negara dengan peradaban yang madani dan lestari.

Oleh karena itu, mari bersama-sama ikut melestarikan peradaban budaya batik Indonesia.

Terima Kasih

Salam Rahayu, Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *