Misteri Tentang Batik Yang Sampai Saat Ini Belum Terpecahkan

Batik Tulis sebagai salah satu bukti peradaban Nusantara Indonesia menjadi begitu luas dan berkembang dalam masyarakat Indonesia. Berbagai motif baik tradisional maupun kontemporer muncul dalam peradaban modern ini. Dan sampai sekarang ada yang masih menjadi misteri tentang batik yang belum terpecahkan.

Nah, selain jodoh kalian yang masih mistei ini, ini ada beberapa mistei tentang batik yang kami himpun dan kami sendiri belum terpuaskan dengan jawabannya. Tinggalkan komentar untuk membantu kami menemukan jawabanya yaa.

Siapakah yang pertama kali menemukan batik ?

Seperti yang kita tahu, Arca Prajnaparamita yang pertama kali menjadi bukti bahwa batik telah berkembang dalam kehidupan budaya Indonesia. Tetapi tidak semerta-merta Prajnaparamita juga yang menemukan kain batik tersebut. Dan mungkin bagi kami sendiri juga masih menjadi pertanyaan siapakah yang menemukan motif dan kain bat tersebut?

Simbolisasi Burung Garuda

Dalam motif batik, banyak kita temukan simbol-simbol burung yang dalam berbagai versi motif batik, itu adalah burung garuda. Sedangkan lambang Negara Kesatuan Repubik Indonesia ini juga masih menjadi misteri, bagaimana bentuk asli dari burung Garuda ini.

Dan dalam hal ini kami telah mendapatkan penjelasan dari artikel ini. Setidaknya mampu menjadi referensi tentang misteri yang satu ini. yang sebenarnya juga masih belum memuaskan kami tentang burung Garuda ini.

Sejarah Canting dan Malam

Pada batik tulis tradisional yang masih menggunakan canting dan malam juga kami belum menemukan sebuah kepastian tentang siapa dan dimana pertamakali teknik mencanting dan penggunaan malam tersebut pertama kali  muncul atau diajarkan di Nusantara Indonesia.

Nama-nama besar yang muncul juga belum memberian sebuah informasi yang kuat tentang canting dan batik tulis tradisional. Sementara kedua barang tersebut adalah peralatan primer seorang pembatik tradisional.

Hubungan Dengan Kebudayaan India Kuno

Kebudayaan India Kuno masuk ke peradaban Nusantara melalui jalur perdagangan dan kemungkinan besa juga memperkenalkan motif-motif yang sampai saat ini menjadi motif-motif batik tradisional di Jawa terutama sebagai pusat perdagangan jaman dahulu kala.

Namun seperti yang kita ketahui, Idi India sendiri jarang sekali motif-motif tersebut ada atau bahkan berkembang menjadi seni budaya mereka. mungkin ada sebagian kecil namun masih saja menjadi misteri, apakah berbagai motif batik tersebut merupakan hasil peradaban budaya Jawa sendiri, kebudayaan India, atau dari daerah lain.

Mengapa Batik Muncul Di Pulau Jawa

Meskipun batik terbagi menjadi dua yaitu batik pesisiran dan batik pedalaman di Pulau Jawa, ada sebuah pertanyaan, mengapa batik muncul dan berkembang sebagian besar hanya di Pulau Jawa? Sedangkan jalur perdagangan begitu panjang dan luas.

Sebuah pertanyaan yang akan membawa kita kembali kepada misteri yang pertama, dan mungkin memang misteri itu adalah sebuah rahasia sekaligus menjadi anugerah tersendiri bagi Nusantara Indonesia sebagai tuan rumah batik beserta segala kearifannya.

Pertanyaan-pertanyaan itu serta merta membuat kami ingin sebentar saja kembali ke masa lalu, melihat secara langsung siapa dan bagaimana batik tulis dibuat. Membuka ratusan bahkan ribuan cerita sejarah yang bagi kami sekarang hanya mampu menjadi sebuah rahasia.

Namun, mungkin lebih baik itu tetap menjadi rahasia, karena saat ini, batik tengah berada dalam masa menikmati hari tuanya, menikmati puluhan tahun perjuangan batik tulis untuk diakui seluruh dunia. Dan saat ini, sudah menjadi kebanggaan kita Bangsa Indonesia karena memiliki budaya batik tulis tersebut.

Untuk itu, Tetap Lestarikan Batik sebagai Bukti Cinta Kita Kepada Tanah Air Indonesia.

Terima Kasih

Salam Rahayu, Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *