Semangat Para Pahlawan Batik dalam Hari Pahlawan Nasional 10 November 2018

Merdeka !!! Hai apa kabar kalian semua yang masih setia dengan kami di Indonesian Batik. Hari ini weekend dan bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional nihh, jadi, dari semangat para pahlawan batik mari lakukan sesuatu yang lebih baik untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat untuk Negara Kesatuan republik Indonesia.

 Memperingati hari pahlawan mungkin menjadi hal biasa, tetapi, bagaimana menjadikan semangat para pahlawan ini tertanam dalam diri pribadi kita adalah sebuah hal yang tidak mudah. Karena pada masa ini kita lebih sering dikuasai ego dan lebih banyak memikirkan diri sendiri.

Padahal para pahlawan tidak pernah mengajarkan itu, para veteran perang mungkin akan sedih melihat kondisi masyarakat yang sebagian besar lebih mementingkan bagaimana mendapatkan kekuasaan, mendapatkan materi, mendapatkan jabatan untuk diri mereka sendiri, tanpa memperdulikan persatuan bangsa dan negara.

Dan mungkin kami akan ditertawakan dengan idealisme tentang persatuan dan kesatuan itu.

Namun, dulu Bung Karno pernah bilang bahwa beliau hanya membutuhkan 5 pemuda Indonesia untuk mengguncang dunia, jadi kami akan mengambil salah satu dari lima pemuda itu.

Dan hubungannya dengan semangat kepahlawanan, mungkin kami akan mengambil contoh dari para pembatik di sini, di Desa Batik Girilayu. Yang mereka benar-benar ingin Indonesia memiliki harkat dan martabat yang tinggi di mata dunia, dengan batik.

Mereka memang tidak memiliki apa-apa, namun, dari batik yang mereka buat, mereka menanamkan filosofi bahwa perjuangan harus tetap terus berlanjut. Untuk membanggakan Indonesia, untuk mewujudkan semangat para pahlawan yang dahulu berjuang dengan mempertaruhkan nyawa untuk merdeka.

Dan kami yakin mereka tidak ingin penghargaan apapun, bahkan hanya sebuah publikasi. Mereka hanya ingin melakukan sesuatu untuk bangsa dan negara, melakukan sesuatu yang mereka bisa, dan itu mereka tanamkan dan mereka tunjukkan dalam semangat mereka membatik.

Karena dari batik, akan memunculkan budaya luhur kita, budaya kita sebagai masyarakat ketimuran dengan segala pernak pernik kebudayaan yang luar biasa. Dan mereka percaya, dengan batik mereka, akan mampu paling tidak memberikan harum nama bangsa Indonesia di mata dunia.

Meskipun kita telah merdeka dan kita hanya tinggal melestarikan semangat yang diwariskan para pahlawan lewat sebuah bukti nyata perjuangan tanpa pamrih, tanpa memperdulikan jiwa dan raga mereka.

Semangat itulah yang harus tetap menjadi titik tolak kita untuk bergerak, untuk memperjuangkan bangsa Indonesia menuju sebuah negeri yang luhur berbudaya, yang luhur manusianya.

Dan kami akan mulai dari batik ini, disini, di desa kecil ini, Desa Batik Girilayu.

tempat lentera semangat yang tidak akan pernah padam

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2018

MERDEKA  !!!!

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *