Desa Girilayu, Sampaikan Kepada Masa Depan, Kami Pasti Bisa Membuatmu Bangga

Beberapa pekan lalu, melalui sebuah obrolan rapat luar biasa yang biasa kami lakukan sembari mengecup kopi hitam, lahirlah sebuah proyek besar untuk memajukan desa tempat kami lahir. Dan memang dari situlah kami mendapatkan banyak ide, banyak pencerahan dan pandangan tentang masa depan. Untuk tanah kelahiran kami, Sampaikan Kepada Masa Depan, Kami Pasti Bisa Membuatmu Bangga

Atas dasar sebuah keinginan mulia menjadikan masyarakat Desa Girilayu memiliki sebuah kebanggaan dan mendapatkan penghasilan dari pariwisata, kami berusaha memproyeksikan cita-cita itu agar tidak hanya menjadi sebuah ide dan pembahasan, tetapi menjadi sebuah realita.

Sebenarnya potensi wisata sudah tersedia sejak Keraton Mangkunegaran mendirikan Astana Mangadeg, kemudian Astana Girilayu, dan disusul oleh Bapak Soeharto yang dimakamkan di Astana Giribangun. Namun, kami ingin melebarkan sayap melebarkan langkah bagaimana masyarakat menjadi lebih sadar akan potensi wisata dan mendapatkan efek yang baik dari pariwisata.

Sebut saja galeri kami, galeri batik kecil yang memiliki ide besar dan cita-cita untuk tetap memajukan batik tulis asli Desa Girilayu. Prajnaparamita Indonesian Batik, yang mulai bekerja keras dan berusaha bagaimana untuk meningkatkan potensi batik yang bisa dikembangkan lebih jauh. Bukan hanya menjadikan keuntungan pribadi, tetapi bagaimana menguntungkan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Desa Girilayu.

Di balik itu semua, totalitas investor kami yang meskipun berkutat dengan segala kebutuhan dan kepentingan, masih menyempatkan diri berpikir keras  bagaimana agar batik tulis Girilayu bisa lebih bersinar dan sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semoga beliau juga mendapatkan berkah atas niat dan realisasi cita-cita kami tersebut.

Selain itu.

Di salah satu dusun di Desa Girilayu, beberapa pemuda juga mulai berinovasi dan berimprovisasi bagaimana untuk menjadikan sebuah lahan yang nantinya akan menjadi sebuah wana wisata. Dari ide kecil menjadi besar dan menjadi sangat besar. Komplek tersebut nantinya akan menjadi salah satu wana wisata yang di prediksi siap pada tahun 2019.

Dan semua itu dilakukan dengan satu tujuan untuk memakmurkan Desa Girilayu pada umumnya dan sebagian besar masyarakat pada khususnya. Perlu diketahui, proyek mereka tanpa biaya sama sekali, meskipun begitu, mungkin suatu saat akan ada investor atau pihak yang mau membantu dengan sukarela, dengan satu tujuan membantu mengudarakan pariwisata Desa Girilayu.

Mungkin di dusun lain juga banyak yang memiliki ide kreatif untuk bagaimana membangun tanah kelahiran mereka sendiri dan dengan penuh kebanggaan akan membawa nama baik Desa Girilayu sebagai salah satu Desa Wisata suatu saat nanti.

Kami tidak terlalu membutuhkan materi karena rezeki dari Tuhan tidak pernah salah alamat, meskipun tidak memakai google map. Tuhan selalu tahu, dan Maha Keren ketika memperhatikan seseorang yang memiliki ide untuk kebaikan orang lain. Selain itu, sebuah dukungan moral, akan lebih menjadikan semangat kami berlipat ganda, niat kami akan setinggi bukit dan kami akan menaiki bukit itu menuju kesuksesan kami.

Dan lebih dari itu, kami akan dengan senang hati menggandeng tangan setiap orang yang mau berurusan dengan terik matahari, tajamnya duri, perihnya luka, dan mau jatuh bangun untuk bersama membangun tanah dan air negeri sendiri menuju ke bukit kesuksesan itu bersama-sama.

Kami tidak akan munafik ketika kami mengharapkan pamrih dari semua itu, memang, dan itu adalah bonus dari kerja keras kami, dari setiap darah dan keringat yang kami perjuangkan untuk tempat tinggal kami tercinta. Pamrih itu adalah ketika kami nanti menjadi sebuah cerita sejarah yang terus menerus akan dikenang anak dan cucu kita nantinya.

Kalau menurut beberapa orang kami berlebihan, mungkin memang benar, kami berlebihan memiliki ide dan kerja nyata yang berlebihan dari ide kami. Biarlah orang  berkata kami gila, tetapi kami gila dengan alasan yang benar untuk membangun negeri kami, tumpah darah kami disini, di desa kecil ini, Desa Girilayu.

Karena dari ide kecil, dari sebuah obrolan kopi di pos ronda, dan debat di sisi nyala api unggun, akan menghasilkan sebuah paradigma besar untuk merealisasikannya. Dari situlah akan muncul generasi-generasi penerus sejarah Desa Girilayu yang suatu saat akan menulis sejarah dengan tinta emas prasasti kebanggaan Desa Girilayu.

“ketika memiliki ide dan dan orang lain menganggapmu gila, buktikan kalau kau benar-benar gila untuk mewujudkannya”

Lalu apa yang sudah kalian lakukan untuk membanggakan tanah kelahiran kalian?

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *