5 Rekomendasi Motif Batik Indonesia Untuk Digunakan Dalam Pernikahan Adat Jawa

PERINGATAN, ARTIKEL INI TIDAK DIPERUNTUKKAN UNTUK JOMBLO KARENA AKAN MENYEBABKAN PATAH HATI BERKEPANJANGAN DAN KOMPLIKASI INGATAN KEPADA MANTAN. HUBUNGI PSIKOLOG APABILA MENUNJUKKAN GEJALA GALAU.

Seperti itulah yang dirasakan admin ketika membahas pernikahan, segalanya cenderung menjadi gelap, dan hujan kemudian jatuh tanpa undangan. Seperti undangan pernikahan mantan yang melangsungkan pernikahan. Sedih.

Tetapi, untuk kalian yang akan segera melangsungkan pernikahan, kami ucapkan selamat. Yaayy, akhirnya kalian melepaskan masa lajang untuk kemudian berlanjut menuju kehidupan berkeluarga, semoga bahagia selalu untuk kalian.

Pernikahan yang menggunakan adat Jawa, tidak lepas dari batik sebagai pakaian utama yang dipakai untuk pernikahan. Tidak semuanya cocok dipakai dalam pernikahan adat Jawa, karena terdapat filosofi dan makna yang terkandung dalam motif batik yang dipakai untuk pernikahan kalian.

Selain itu, batik harus sarimbit, alias couple, berpasangan karena lucu apabila kalian menggunakan motif yang berbeda dengan pasangan kalian. Kecuali kalian menikah sendirian, ke KUA sendirian, dan tukar cincin sendirian. Ngenes.

There you go, Prajnaparamita telah memilihkan 5 motif batik Indonesia yang bisa kalian pilih untuk pernikahan kalian yang cuma sekali seumur hidup. Check it out.

Motif Batik Indonesia Truntum

Ada pada pilihan pertama, motif batik Indonesia Truntum. Sepertinya motif ini adalah salah satu motif yang paling populer untuk pernikahan adat jawa. Motif ini diciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan Paku Buwana III). Motif ini sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama  terasa semakin subur berkembang (tumaruntum).

Sebenarnya motif ini untuk dipakai oleh orang tua mempelai berdua dengan harapan bahwa kasih sayang kedua orang tua akan terus menghinggapi kedua pasangan mempelai sampai nanti generasi selanjutnya.

Motif Truntum Glebak Kantil adalah salah satu contoh motif yang bisa kalian pakai ketika melangsungkan pernikahan atau lebih tepatnya resepsi pernikahan. Motifnya yang sejajar dan rapi, dengan pewarnaan khas sogan Jawa yang membuat pernikahan kalian akan menjadi penuh kasih sayang.

Motif Batik Indonesia Sido Asih

Seperti nama motif yang disandangnya, pola motid batik diciptakan untuk mengagunggakn cinta kasih antara dua insan manusia. Sebuah romantisme tingkat tinggi dalam motif tersebut yang mengungkapkan perasaan tertinggi seorang perempuan tambatan hatinya.

Dalamnya warna pada motif batik ini mengungkapkan bahwa membutuhkan kasih sayang dan perasaan yang dalam sebelum menempuh kehidupan rumah tangga. Sebagaimana nantinya menghadapi kehidupan berumah tangga, diharapkan kedua mempelai memiliki sifat yang asih, asah, dan asuh dalam menjalani kehidupan berkeluarga.

Motif Batik Indonesia Sido Luhur

Meskipun memiliki nama yang hampir sama dengan motif Sido Asih, namun memiliki filosofi dan pola yang sedikit berbeda. Dengan harapan kedua mempelai akan memiliki kepribadian yang luhur dan terhindar dari sifat buruk manusia.

Sebagai salah satu pola yang istimewa dari Surakarta, motif Sido Luhur mengajarkan kita untuk lebih bijaksana ketika mengarungi bahtera rumah tangga. Menggunakan batik ini bukan hanya untuk prestise atau hanya kebanggaan sesaat, tetapi berarti kedua mempelai telah siap menghadapi segala masalah yang akan menjadi tantangan kelak.

Motif Batik Indonesia Sido Mukti

Nah kan, satu lagi motif Sido, kali ini dengan nama motif Sido Mukti. Mukti yang artinya bahwa kehidupan yang sejahtera dan makmur. Lebih dalam lagi bahwa bukan hanya kekayaan dunia yang harus kita kejar, tetapi juga kekayaan akhirat yang kita hidup di dalamnya selamanya.

Motif ini tidak begitu berbeda dengan motif Sido yang lain, tetapi ada kekhasan tersendiri. Ditambah lagi pemakaian motif ini untuk dipakai pada acara akad nikah atau pemberkatan nikah yang menggunakan adat Jawa. Motif ini mengajarkan kita untuk selalu kembali mengingat Tuhan dan memahami bahwa pasangan mempelai ini telah memilih seseorang yang akan selalu dia sayangi.

Motif Batik Indonesia Wahyu Tumurun

Salah satu motif batik Surakarta yang kami belum yakin masih banyak yang membuatnya. Motif batik ini masih populer untuk dipakai dalam pernikahan terutama di daerah Surakarta dan sekitarnya.

Motif ini memberikan sebuah filosofi bahwa semoga kedua mempelai diberikan wahyu atau anugerah dari Yang Maha Kuasa untuk mengarungi kehidupan rumah tangga sampai akhirnya nanti. Karena wahyu itu sendiri tidak diberikan kepada sembarangan orang, seseorang yang mampu mengingat Tuhan lebih banyak dan menjadi pribadi yang benar-benar menjauhi hal yang tidak baik bagi hatinya.

Dalam pernikahan Jawa, wahyu tumurun dapat ditafsirkan semoga pemakainya mendapatkan berkah kehidupan lahir batin dalam kehidupan berumah tangga, keharmonisan dan kebahagiaan yang langgeng dan terjaga selama-lamanya. Dalamnya makna kehidupan rumah tangga inilah yang membuat motif wahyu tumurun dipilih sebagai motif khusus yang sering dikenakan dalam upacara pernikahan adat Jawa.

Selain 5 motif yang kami sebutkan di atas, ada beberapa motif yang juga bisa digunakan untuk pernikahan seperti ukel kanthil, semenan, dan semen romo merak sinanding. Kami hanya mencari yang memiliki sebuah filosofi untuk sebuah pernikahan.

Karena pernikahan bukan sebuah hal yang bisa dibuat bercanda, pernikahan penuh akan berkah dan anugerah baik dari keluarga, teman, bahkan Tuhan ikut memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Jadi jangan sia-siakan sebuah pernikahan hanya demi mengejar hawa nafsu duniawi belaka.

Yeahhh, keren juga ya kata-kata admin. Upss…sombong, padahal jomblo juga. Hahaha.

Semoga yang belum bertemu jodohnya segera didekatkan [doa yang klasik], mungkin jodoh kalian yang mengetik artikel ini juga bisa. Ah elah promosi terus..

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Calon Jodoh Kalian, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Fashion Batik, Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *