Proses Pembuatan Batik Cap Lengkap dengan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum proses pembuatan batik cap, lebih dulu kita harus memahami apa itu batik cap dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat batik cap. Pada awalnya hanya terdapat batik tulis yang dikerjakan oleh para pengrajin wanita menggunakan canting. Karena mungkin proses pembatikan yang terlalu lama maka dikembangkanlah batik cap. Sekitar pertengahan abad ke-19, “canting cap” (biasanya disebut hanya “cap” saja) mulai dikembangkan.

Menurut wikipedia, pengertian batik cap sendiri adalah Batik Cap adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang menggunakan canting cap. Canting cap yang dimaksud di sini mirip seperti stempel, hanya bahannya terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar, rata-rata berukuran 20cm X 20cm.

Sarung_Batik_Cap_Nusantara_073

Canting cap merupakan sebuah alat berbentuk semacam stempel besar yang telah digambar pola batik. Pada umumnya pola pada canting cap ini dibentuk dari bahan dasar tembaga, tetapi ada pula yang dikombinasikan dengan besi. Dari jenis produksi batik cap ini, pembatik bisa menghemat tenaga, dan tak perlu menggambar pola atau desain di atas kain.

Selain menggunakan cap dari tembaga, canting cap juga kadang menggunakan kayu sebagai cap. Karena malam tidak bisa menempel di kayu maka hasil batik yang dibuat biasanya berbeda dengan cap tembaga. Sehingga lebih tipis, dan hasil pengecapannya yang terbentuk juga memiliki kekhasan tersendiri, biasanya terdapat sedikit warna yang meresap pada batik karena lilin yang menempel terlalu tipis, sehingga terlihat gradasi warna pada pola antara pinggir motif dan tengahnya.

Alat dan Bahan Pembuatan Batik Cap

Alat untuk membuat batik cap yang paling utama ada 3 bagian yaitu :

Canting Cap

batik-cap-dan-printing

Canting ini yang akan kita gunakan untuk membuat motif di kain yang akan kita gunakan untuk membatik. Motif tersebut paten dan tidak bisa lagi di variasi. Jika ingin membuat kombinasi motif, maka harus menggunakan canting cap yang berbeda.

Malam, Wajan, dan Kompor

a

Untuk membuat malam yang akan dicetak menempel pada kain batik, maka harus dipanaskan dahulu. Malam dipanaskandengan pertimbangan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Penggunaan malam adalah salah satu syarat utama pembuatan batik cap dan juga batik tulis.

Meja Cap

meja-batik-cap-2

Apabila batik tulis menggunakan gawangan dan tangan untuk alas membatik, maka untuk membuat batik cap membutuhkan media yang lebih besar daripada kain yang akan di cap batik. Selain meja juga diperlukan londo dan angsang.

Cara Pembuatan Batik Cap

Pembuatan batik cap lebih cepat daripada pembuatan batik tulis karena motif yang berulang-ulang bisa lebih mudah untuk diterapkan. Dan hasilnya lebih rapi daripada batik tulis.  Disain pola canting cap selalu dirancang dengan susunan pola agar satu sisi canting cap menyambung dengan sisi lain bila dicapkan. Sehingga nantinya pola batik yang dibuat bisa menyambung (menyatu).

Dikutip dari sumber batikbumi.net, Secara teknis disini akan dijelaskan bagaimana tahapan atau langkah yang harus diperhatikan pada saat mengecap secara urut sebagai berikut :

  1. Sebelum untuk mengecap canting cap ditempelkan pada lembaran kain goni yang telah dipenuhi lelehan cairan lilin malam. Fungsi kain goni disini adalah agar cairan lilin malam dapat menempel pada penampang atau permukaan canting cap secara merata. Sebagai catatan usahakan agar nyala api kompor tidak terlalu besar atau panas yang dapat mengakibatkan lilin malam terlalu panas dan mudah menetes atau mleber pada kain sebelum dilakukan pengecapan.bapak-sedang-mencap-batik
  2. Agar cairan lilin malam tidak banyak yang terangkat dalam permukaan canting cap yang dapat mengakibatkan hasil cap-capan kurang sempurna maka canting cap dikibaskan ke atas wajan. Dengan demikian cairan lilin malam yang berlebihan tersebut akan kembali ke wajan.
  3. Bantalan yang terbuat dari busa dilapisi plastik tebal atau perlak yang selalu dibasahi agar lembab. Pada jaman dulu bantalan ini terbuat dari karung goni yang diisi sekam (dedak) dan di atasnya dilapisi kupasan batang pohon pisang sebagai peredam panas, sehingga cairan lilin malam cepat mengering.
  4. Proses pengecapannya relatif mudah dan sederhana, namun perlu ketelitian. Garis cap yang satu dengan yang lain harus ketemu agar rapi dan tidak berantakan. Caranya yaitu kain mori diletakkan diatas meja cap kemudian canting cap yang sudah terkena malam langsung dicapkan ke kain. Pengecapan bisa dilakukan dari pinggiran kain maupun dari tengah kain. Tergantung motif yang akan dibuat, satu motif atau lebih dari satu motif
  5. Untuk memberi tekanan agar motif canting cap menempel pada kain mori secara merata, perajin sering memukul dengan tangan kirinya. Kekuatan tekanan ini didasarkan pada pengalaman.

IMG_6059-1024x820

Sebenarnya tidak banyak perbedaan antara batik tulis dan batik cap, yang membedakan adalah bahwa batik tulis tidak memiliki pengulangan yang jelas karena penggunaan canting yang notabene tidak akan memiliki pola yang sama setiap motifnya.

Batik cap dan batik tulis juga sama-sama menggunakan malam sebagai media untuk membuat motif pada kain mori. Bahan yang digunakannya juga sama berupa bahan dasar kain yang berwarna putih, dan tidak harus dibedakan jenis bahan dasar benangnya (katun atau sutra) atau bentuk tenunannya.

Batik tulis memiliki harga jual yang lebih mahal daripada batik cap karena kesulitan dan kemewahan motif batik tulis. Sedangkan batik cap meskipun memiliki motif yang rapi, pengulangan motif yang terlalu sering hanya membuat citarasa batik itu sendiri serasa kurang diminati.

Namun antara batik tulis dan batik cap merupakan warisan budaya yang begitu membanggakan bagi Indonesia. Karena dengan kebudayaan itu Indonesia mampu menempatkan diri sebagai bangsa yang penuh khasanah budaya.

Semoga generasi selanjutnya mampu mempertahankan dan melestarikan budaya yang adiluhung dan bersejarah ini.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Referensi :

Batik Cap

Batik Cap

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , .

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *