7 Team Liga Indonesia yang Menggunakan Jersey Bertema Motif Batik

Dunia olahraga sepertinya selalu memiliki sisi yang menarik untuk dibahas. Apalagi Liga Indonesia yang memiliki cerita tersendiri. Belum lagi para suporter setia sepakbola yang berbagai ragam merupakan bentuk dukungan kepada dunia olahraga sekarang ini.

Jersey atau seragam sebuah tim sepakbola adalah salah satu identitas sebuah untuk membuat image club sepakbola semakin dikenal masyarakat. Menariknya beberapa team dari Liga Indonesia pernah menggunakan motif batik sebagai bagian dari jersey mereka. Meskipun tidak semuanya berupa motif batik, tetapi club sepakbola juga berupaya mendukung perkembangan budaya dan menjunjung tinggi nilai sebuah batik.

Club mana saja yang sempat memiliki motif batik dalam jersey mereka. Indonesian batik merangkum 7 team sepakbola Liga Indonesia diantaranya sebagai berikut :

1. Persis Solo

3400473_20130629024430

Sudah tidak bisa diragukan lagi, sebagai kota yang terkenal dengan batik, Solo memiliki team kebanggaan mereka yaitu Persis Solo. Dengan julukan Laskar Sambernyawa, Persis Solo menjadi sebuah team dengan fans setia yang sangat banyak.

Dan yang menarik, pada musim 2011, Jersey home Persis Solo menggunakan motif batik dalam jersey mereka. Menggunakan motif parang berwarna hitam, dipadukan dengan warna merah khas Laskar Sambernyawa, membuat motif ini semakin menarik untuk dilihat.

2. PSIM Yogyakarta

pemain psim jogja

Tetangga dekat kota Solo yang juga merupakan kota batik dan kota budaya Yogyakarta juga tidak kalah dalam membuat desain kostum bertema batik mereka.

Desain jersey mereka yang khas dengan warna biru dominan, kemudian penggunaan motif batik pada bagian bawah baju dan lengan. Jersey home tahun 2015 ini juga menggunakan motif parang dalam desain jersey mereka.

3. Persiba Bantul

persiba-bantul-premierleague

Tidak mau kalah dengan PSIM Yogyakarta, Persiba bantuk juga meletakkan motif batik dalam jersey mereka. Yang diletakkan mendatar di bagian tengah jersey bagian depan.

Motif yang digunakan oleh Persiba Bantul adalah motif ceplok khas Yogyakarta dipadukan dengan warna merah menambah gagah jersey mereka. Dan menambah kesan bahwa Persiba Bantul adalah salah satu team yang mendukung budaya baik Indonesia.

4. Sriwijaya FC

01373

Team yang satu ini pasti sudah banyak yang mendengar. Bermarkas di Palembang, Sriwijaya FC yang sudah 2 kali menjadi jawara di Liga Indonesia juga menggunakan motif kain songket khas ditambah dengan warna kuning menyala.

Identitas Sriwijaya FC denga jersey kuning ini terlihat penuh dengan motivasi dan semangat untuk mengarungi beratnya Liga Indonesia.

5. Persip Pekalongan

Sebagai klub yang bermarkas di salah satu kota batik yang terkenal yaitu Pekalongan, sudah hampir pasti desain jersey team Persip Pekalongan juga menggunakan motif batik dalam jersey mereka.

Dengan paduan warna hijau, kuning, dan motif batik khas pekalongan yang memiliki kombinasi warna yang sama, Persip Pekalongan juga tidak bisa lepas dari budaya mereka sebagai kota batik.

6. Martapura FC

Martapura2

Dengan menggunakan motif batik khas banjar yaitu kain sasirangan, jersey team Martapura FC menjadi semakin berwarna. Dengan motif yang terlihat seperti awan di bagian bahu kanan jersey tersebut.

Kain sasirangan merupakan motif khas Banjar yang semakin sedikit ditemukan pengembangan motifnya. Semoga dengan adanya jersey team Martapura FC menambah ketertarikan masyarakat untuk melestarikan Kain Sasirangan.

7. Pusamania Borneo FC

pusamania-borneo_17606fc

Dengan motif sarung Samarinda, identitas team ini juga mencoba melestarikan budaya di daerah Samarinda. Meskipun tidak detail, tetapi penggunaan motif ini merupakan apresiasi tersendiri dari Pusamania Borneo FC.

Dengan kombinasi warna merah dan kuning menambah citra tersendiri bagi fans dan penggemar sepakbola Indonesia sekaligus menambah khasanah budaya batik dalam dunia sepakbola.

Meskipun Liga Indonesia masih terus berjuang untuk berkembang, tetapi sedikit demi sedikit dunia sepakbola Indonesia semakin menarik untuk dinikmati. Dengan fans dan supporter yang sangat luar biasa ketika mendukung team kesayangan mereka, membuat sepakbola menjadi salah satu olahraga yang penuh dengan semangat dan perjuangan.

Semoga dengan adanya jersey batik ini semakin menambah pesona tersendiri bagi dunia sepakbola di Indonesia.

Maju terus sepakbola Indonesia, Maju terus budaya batik Indonesia.

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Membaca

Dari Indonesian Batik, Forza Sepakbola Indonesia

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *