5 Motif Batik yang Mudah Untuk Dibuat Menjadi Kain Batik Tulis

Sugeng Siang, Rahayu Ingkang Sami Pinanggih. Nderek langkung, permisi, admin menampakkan diri lagi setelah mendapat inspirasi di alam lain. Yang sekarang saat ini sedang memakai batik harap meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Mungkin saja nanti jodoh [mode modus – on].

Banyak yang memakai batik tetapi tidak tahu apa motif batik yang sedang dipakai, banyak sekali, termasuk admin. Memang gampang-gampang susah mendefinisikan motif batik, terutama motif klasik, belum lagi variasi yang berdasarkan motif klasik semakin banyak pilihannya.

Admin tahu kalian ingin membuat motif batik sendiri, kita bisa mulai mengenalkan 5 motif batik yang bisa dibuat sendiri dirumah. Boleh ditambahkan variasi sesuai dengan kreatifitas kalian. Jangan lupa dipatenkan menjadi motif kreatif kalian. Bukan tidak mungkin kalian adalah the next Iwan Tirta.

Langsung saja 5 motif batik yang mudah untuk dibuat menjadi kain batik tulis.

kawung

Motif Kawung

Motif Kawung adalah pilihan pertama bagi kalian yang ingin mencoba membuat motif batik yang simple. Karena hanya merupakan pengulangan sebuah motif. Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris.

Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Motif ini biasanya bergambar nama bunga pohon aren (buah kolang-kaling). Batik kawung berbentuk geometris segi empat di dalam pengartian kebudayaan Jawa melambangkan suatu ajaran tentang terjadinya kehidupan manusia.

Pengembangan motif Kawung adalah Motif Ceplokan yang hampir mirip dengan motif kawung. Kalian bisa mencari referensi contoh untuk motif ini dan mencoba membuat kreasi motif kawung untuk batik yang kalian desain.

Jpeg

Motif Parang

Memiliki nilai filosofis seorang ksatria, motif parang juga salah satu yang memiliki tingkat kesulitan medium. Motif ini berisi jajaran motif seperti senjata parang yang miring melereng. Kesulitan yang dihadapi adalah bagaimana membuat motif ini memiliki dimensi miring yang sejajar.

Untuk membuatnya harus menggunakan garis dulu agar terlihat rapi dan beraturan. Meskipun hanya merupakan pengulangan motif tetapi tingkat kesulitannya lebih tinggi daripada motif kawung.

Yang menarik, motif parang ini cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai macam motif, baik motif klasik maupun motif kontemporer.  Misalnya motif udan liris, motif bunga dan motif kontemporer lain.

Motif Truntum

Motif batik yang mudah dibuat kebanyakan merupakan pengulangan dari satu motif untuk hampir keseluruhan kain batik yang berukuran sekitar 2,3 x 1,1 meter. Motif truntum ini juga merupakan pengulangan.

Kesulitan yang dihadapi adalah karena motif truntum lebih kecil dan detail yang harus diperhatikan setiap motifnya. Bentuk geometrisnya biasanya merupakan segilima mini yang diulang terus menerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Motif ini bagus dipadukan dengan motif garuda atau motif burung merak tergantung dari pemakaian motif. Bisa juga diberikan motif wayang agar tidak terlihat kosong.

Jpeg

Motif Daun dan Bunga

Apabila diantara ketiga motif tersebut masih sulit, bisa kalian mulai dengan membuat motif bunga. Tidak ada pakem yang pasti untuk pembuatan motif bunga. Karena motif ini merupakan interpretasi pembuat motif untuk menunjukkan kreatifitasnya.

Kombinasi motif ini adalah dengan motif parang, atau motif-motif hewan yang juga tidak memiliki pakem sendiri, motif kupu-kupu misalnya. Banyak sekali motif bungan yang bisa menjadi pilihan kalian untuk membuat desain motif batik dengan dasar bunga.

Jpeg

Motif Kontemporer

Motif kontemporer merupakan motif bebas. Bisa memadukan berbagai motif yang telah ada, atau membuat motif sendiri yang berdasarkan inspirasi kalian. Meskipun begitu, untuk membuat motif full ukuran kain batik tetap harus memperhatikan komposisinya. Tidak istilahnya “ngawur”.

Batik adalah seni budaya, dan setiap motif batik memiliki filosofi sendiri, begitu juga batik buatan kalian. buatlah sebuah filosofi agar desain batik yang kalian buat menjadi berarti terutama bagi diri sendiri.

Bagaimana? Sudah siap membuat motif batik dengan kreatifitas kalian sendiri? Kalian bisa kirimkan ke admin ditambah informasi data diri untuk melindungi hak cipta motif kalian. Mungkin saja kalian ingin mengeksekusi desain kalian menjadi batik, kami siap membantu.

Terima kasih sebelumnya telah memakai batik kepada siapa saja yang sedang memakai batik, semoga dilimpahkan berkah linuwih kepada kalian. Jangan lupa banyak bersyukur dan saling berbagi kepada sesama makhluk hidup.

Tetap Menjadi Masyarakat Nusantara yang Ramah dan Rendah Hati

Terima Kasih Sudah Membaca dan Berkunjung

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *