Sosok Keibuan Maudy Koesnaedi Dalam Karakter Wayang Orang Dewi Kunthi

Wayang orang merupakan salah satu tradisi kebudayaan Jawa, masih saudara satu ibu pertiwi dengan batik dan wayang kulit. Meskipun tidak banyak lagi pagelaran wayang orang yang eksis, namun beberapa masih mencoba untuk mempertahankan kebudayaan tersebut. Seperti Wayang Orang Sriwedari dan Wayang Orang yang di Semarang Ngesti Pandowo.

Salah satu yang menarik adalah seorang artis bernama Maudy Koesnaedi yang mendapatkan peran sebagai Dewi Kunthi dalam sebuah pagelaran yang digelar di Jakarta dengan lakon “Arjuna Galau”. Teater wayang orang ini juga melibatkan beberapa orang artis yang juga ikut meramaikan pagelaran wayang orang pada tanggal 2-6 Oktober 2016.

Maudi Koesnaedi saat menghadiri acara konferensi pers pegelaran wayang orang bertajuk “Arjuna Galau” di Tugu Kutskring Paleis, Jakarta, Selasa (3/9/2013). Agung Pambudhy/Detikcom.

Sebagai sosok Dewi Kunthi, yang merupakan ibu dari para pandawa, Maudy begitu mendalami karakter tersebut. Dalam lakon Satha Kurawa ini, sukses membuat karakter Dewi Kunthi begitu anggun, cantik dan keibuan.

Pemain wayang dalam memerankan tokoh Kunthi mempunyai rasa sengguh percaya pada diri sendiri yakin, dan tidak ragu-ragu. Rasa percaya diri tetap dikendalikan untuk mengendalikan diri dari kesombongan dan melalaikan dari peran yang dibawakan. Seorang pemain wayang dalam memerankan tokoh Kunthi dapat dilakukan dengan keteguhan hati serta berani menghadapi situasi apapun (ora mingkuh).

 Hal ini dapat disimpulkan bahwa sebagai pemain wayang yang memerankan karakter tokoh Kunthi dapat berhasil membawakan peran dengan baik serta mencapai kualitas tinggi dalam pemeranannya apabila mampu menyatukan konsep Joged Mataram (sewiji, greget, sengguh, dan ora mingkuh) dalam dirinya.

Kunthi sebagai salah satu tokoh wanita dalam cerita wayang Mahabarata dikenal sebagai wanita berhati mulia. Kemuliaan Kunthi, karena mampu melaksanakan darmanya sebagai ibu dalam mewujudkan cita-citanya menjadikan Pandawa sebagai ksatria yang berjiwa luhur dan berbudi pekerti yang baik.

Dengan penampilan beberapa artis terkenal lainnya seperti Wulan Guritno, Amink, Tina Toon, dan beberapa artis lain, membuat teater wayang orang ini semakin seru. Sebagai inspirasi untuk anak muda kembali membangkitkan wayang orang sebagai khasanah budaya bangsa Indonesia.

Sebagai salah satu sebuah budaya yang luhur, ucapan terima kasih kepada Maudy Koesnaedi dan beberapa artis yang telah menyukseskan pagelaran wayang orang ini. Semoga selanjutnya akan muncul lakon lain untuk mengembangkan wayang orang Indonesia.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca

Salam Hangat, Indonesian Batik

-prajnaparamita-

 

Img Source : indonesiakaya.com & detik

Posted in Indonesian Article and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *