Ketika Batik Indonesia Bermotif Korpri dipakai oleh Wisatawan Asing

Selamat malam para penduduk internet yang sedang menghabiskan kuota. Bagaimana cuaca di hati kalian hari ini? Sama, bingung. Ketika admin juga bingung dengan bahan artikel yang sebenarnya sangat banyak tetapi tidak ada satupun yang bisa admin tuliskan untuk mengungkapkan banyak Terima Kasih sudah berkunjung untuk sekedar membaca artikel di website kami. 

Sebagai penghibur hati yang lara dan terluka karena yang dicinta sedang pergi entah kemana, admin mau share tentang batik Korpri yang dipakai oleh wisatawan asing. Iya, mungkin terlalu ngebet ingin jadi PNS di Indonesia mungkin yang gajinya banyak. Tenang saja ini bukan editan photoshop, tetapi asli wisatawan asing yang memakai baju Korpri.

Sebelumnya, kita bahas dulu sedikit sejarah motif Korpri. Korpri dibentuk Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971 tentang pembentukan Korpri sebagai satu-satunya wadah organisasi pegawai negeri sipil (PNS).

Pada 1973, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar lomba desain logo untuk Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Pihak penyelenggara lomba logo frustrasi. Akhirnya, pihak Departemen Dalam Negeri meminta beberapa pelukis antara lain Aming Prayitno, Mujitha, Suharto PR, dan beberapa seniman lain dari Bandung dan Jakarta, untuk merancang logo Korpri. Rancangan karya Aming yang terpilih. Dia mendapatkan hadiah Rp50.000 dan piagam penghargaan Nomor Peng. 02/K.III/wan/73 tertanggal 6 Maret 1973.

Nah, sebenarnya batik motif atau berlogo Korpri ini hanya dipakai oleh PNS yang berada dalam Korpri itu sendiri. Namun entah karena salah beli atau terlalu cintanya dengan batik indonesia, beberapa wisatawan malah menjadikan baju Korpri sebagai souvenir.

Salah satunya adalah Om Bule Pedro Hernandez Moriera ini. Sebuah foto yang sempat menghebohkan sosial media, dimana beberapa bule tertangkap kamera mengenakan seragam Korps Pegawai republik Indonesia (Korpri). Mereka menganggap seragam ini adalah batik dan mereka menyukai motif batik ini. Salah satu bule asal Spanyol bernama Pablo Fernandez Moriana mengungkapkan, “Saya suka batik dan saya paling suka motif ini (korpri)”. Saking cintanya, Pablo bahkan mengaku punya banyak seragam Korpri.

Diketahui, seragam Korpri hanya digunakan oleh pegawai negeri dalam acara kedinasan. Tak heran jika banyak netter yang menganggap tindakan bule ini sebagai sesuatu yang lucu dan aneh.

Memang cakep pake batik sih ya, tapi jangan seragam Korpri juga kali’ mas bule…,” ujar salah satu netter di Twitter.

 “Ini Bule so salah bili kasiang.. dia kira Batik pdhl baju korpri,” ujar yang lain.

PNS mancanegara yang dinaturalisasi mungkin saja ya. Ada-ada saja om Pedro ini, karena cintanya pada Batik Indonesia. Tetapi kalau dipikir-pikir, keren juga memakai pakaian Korpri ini.

 Ada yang mau mengikuti jejak Om Pedro dan wisatawan asing yang memakai Korpri?

Sekian dulu sedikit intermezzo dari kami biar tidak terlalu bosan membahas barik melulu.

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca. PM Admin untuk alamat Instagram kakak cantik di depan. :p

Tetap cintai batik Indonesia termasuk motif Korpri yaaa…he..he..he

Salam Hangat, indonesian batik

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *