Batik Sarimbit, Pakaian Batik Klasik Budaya Jawa

Apakah itu Batik Sarimbit? Saat pertama terdengar atau terbaca, kita menganggap bahwa Batik Sarimbit adalah salah satu motif batik. Namun ternyata bukan, Batik Sarimbit adalah 2 batik yang memiliki pola yang sama dan biasanya digunakan untuk berpasangan pada acara resmi seperti pernikahan atau acara tertentu. Atau zaman sekarang bisa disebut baju couple.

Sejarah penggunaan kata sarimbit tidak kami ketahui, namun kebanyakan pernikahan adat jawa yang dilangsungkan, kedua orang tua mempelai  menggunakan batik yang sama dan dengan motif yang sama dan itu kemudian disebut sarimbit. Kemungkinan karena kebiasaan maka itu menjadi identitas tersendiri bagi orang yang akan melangsungkan pernikahan.

Karena budaya keraton yang dahulu sempat membedakan pemakaian motif batik sebagai identitas, sedikit kemungkinan bahwa batik sarimbit juga merupakan warisan budaya keraton. Namun juga tidak menutup kemungkinan ketika ada acara pernikahan di keraton, para pembesar kerajaan memakai batik dengan motif yang sama sebagai identitas bahwa motif batik yang mereka gunakan bersama adalah motif batik khusus yang hanya digunakan oleh kalangan tertentu.

OSP_0168-Large

Penggunaan batik sarimbit juga mengindikasikan bahwa mereka adalah pasangan suami istri atau akan segera melangsungkan pernikahan. Dalam dunia modern penggunaan batik sarimbit sudah banyak ditemui ketika ada acara pernikahan adat Jawa.

Yang membedakan pemakaian dari batik sarimbit adalah cara mewirunya. Kalian bisa membaca tentang cara pemakaian batik dengan wiru disini. Kalau untuk lelaki wiru atau lipatan yang digunakan adalah 7 dan 9 lipatan wiru. Kalau untuk perempuan, jumlah wiru yang dianjurkan adah 11 lipatan. Ada lagi yang menarik, yaitu akhir lipatan wiru pada lelaki adalah mengarah ke kanan, sedangkan untuk wanita akhir lipatan wiru mengarah ke kiri.

Kami belum menemukan filosofi mendalam yang menyebutkan mengapa jumlah lipatan wiru ditentukan jumlahnya. Karena orang Jawa begitu mendalam tentang filosofi dan kehidupan, sudah pasti ada makna tersendiri mengapa jumlah wiru batik sarimbit berjumlah berbeda.

id2-bdf28d2cd76e0c094ec5c5f56167687e

Karena admin juga belum menikah maka belum bisa membuktikan kebenarannya, bagi yang sudah membuktikan bisa di share di sini untuk update. Apabila ada informasi yang lebih mengenai sejarah batik sarimbit kalian bisa menulisnya di kolom komentar di bawah atau pm admin langsung untuk memakai batik sarimbit bareng. Eh..

Terima Kasih telah berkunjung, salam hangat dari kita, Indonesian Batik.

-prajnaparamita-

Posted in Indonesian Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

One Comment

  1. Pingback: Misteri yang Belum Terungkap Di Balik Motif Batik Sarimbit Sido Mukti - Indonesian Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *